nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diterjang Gelombang Tinggi, Abrasi di Pantai Selatan Gunungkidul Meluas

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 20:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 05 510 2075091 diterjang-gelombang-tinggi-abrasi-di-pantai-selatan-gunungkidul-meluas-qv5pbGk2OP.jpg Foto Ilustrasi Okezone

GUNUNGKIDUL - Kawasan pantai selatan Kabupaten Gunungkidul kembali diterjang gelombang tinggi, pada Kamis 4 Juli 2019 dinihari. Terjangan gelombang tinggi mencapai 15-16 feet atau ketinggian gelombang mencapai 5-6 meter mengakibatkan abrasi sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TP) Pantai Baron, Tanjungsari, meluas dan bertambah semakin parah.

“Fondasi talut sepanjang 14 meter dengan ketinggian 3 meter ambrol, sementara terdapat puluhan meter persegi pada bagian lantai ambles tergerus gelombang tinggi. Kami berharap pemerintah kabupaten segera memperbaiki kerusakan terdampak gelombang tinggi ini agar kerusakan tidak meluas,” kata Koordinator Tim SAR Linmas Korwil II Marjono, Jumat (5/7/2019).

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan terkait dengan keselamatan wisatawan dan nelayan, Tim SAR sudah melakukan berbagai antisipasi. Sehari pascainformasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ratusan kapal yang diparkir di sepanjang pantai langsung dievakuasi ke lokasi aman menjauhi perairan pantai rawan terjangkau gelombang tinggi.

 Abrasi

Bahkan sejak sehari kemarin seluruh nelayan yang beraktivitas di sepanjang perairan pantai selatan langsung menghentikan aktivitas untuk tidak melaut, karena dengan terjadinya gelombang tinggi berpotensi menimbulkan bahaya.

“Khusus wisatawan sudah diimbau untuk tidak mandi dan berenang di laut,” imbuhnya.

Meskipun terjadi gelombang tinggi, tetapi tetap aman bagi wisatawan dan justru fenomena alam ini memiliki keindahan, hanya saja seluruh imbauan untuk tidak mandi maupun berenang di laut tidak dilakukan. Dalam kondisi normal saja kecelakaan laut bisa terjadi jika wisatawan tidak mengindahkan larangan.

 Abrasi

Karena itu yang terpenting tetap patuh dan mampu menjaga diri berwisata tanpa harus mandi maupun berenang di perairan laut. Terjadinya peningkatan gelombang sudah terlihat dan terpantau Tim SAR dan puncak ketinggian gelombang mencapai antara 5-6 meter terlihat hingga siang hari.

“Tetapi terkait dengan pengamanan wisatawan sudah terkondisi dan diharapkan tetap kondusif dan tidak ada satupun wisatawan yang melanggar,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini