AS Tuntut Gembong Narkoba El Chapo Bayar Denda Rp168 Triliun

Agregasi VOA, · Sabtu 06 Juli 2019 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 06 18 2075407 as-tuntut-gembong-narkoba-el-chapo-bayar-denda-rp168-triliun-5weiZPb155.jpg Joaquin "El Chapo" Guzman pimpinan kartel narkoba Sinaloa. Foto/Reuters

WASHINGTON - Jaksa penuntut AS hari Jumat (5/7) mengatakan, mereka menuntut denda USD12,7 miliar dari terpidana gembong narkoba Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman, berdasarkan perkiraan pendapatan dari penjualan narkobanya di Amerika Serikat.

Menurut mosi yang diajukan oleh Jaksa Penuntut AS, Richard Donoghue, pihak berwenang "berhak menyita semua properti yang berasal dari kejahatan terkait narkotika yang dilakukan terdakwa."

Berdasarkan harga obat-obatan yang dikutip oleh berbagai saksi, selama 25 tahun Guzman mengelola jaringan kartel Sinaloa.

Baca JugaMantan Presiden Meksiko Disebut Terima Suap Rp1,4 Triliun dari Raja Narkoba El Chapo

Baca JugaJadi Korban Kartel Narkoba, Sejumlah Orang Dicat Menyerupai Karakter Superhero Avengers

Chapo meraup penjualan kokain sekitar USD11,8 miliar (Rp 154 triliun), marijuana USD846 juta (Rp11 triliun) dan heroin USD11 juta (Rp154 miliar), kata pihak berwenang.

Foto/Reuters

Uang itu digunakan untuk membayar pekerja dan pemasok kartel, serta untuk membeli peralatan komunikasi dan "pesawat, kapal selam, serta berbagai kendaraan lainnya."

Pengacara Guzman, Jeffrey Lichtman mengatakan kepada media AS bahwa tuntutan jaksa itu tidak terbukti karena pemerintah Amerika tidak pernah menemukan satu sen-pun dari hasil USD12,7 miliar yang menurut jaksa dihasilkan oleh Guzman."

Guzman, 62 tahun, dinyatakan bersalah pada bulan Februari setelah disidangkan selama tiga bulan, karena memperdagangkan ratusan ton kokain, heroin, metamfetamin, dan ganja ke Amerika Serikat selama 25 tahun.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini