nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Presiden Argentina, Fernando De La Rua Meninggal Dunia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 19:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 09 18 2076762 mantan-presiden-argentina-fernando-de-la-rua-meninggal-dunia-YTcV6h4iNN.jpg Mantan Presiden Argentina, Fernando de la Rua. (Foto: AP)

BUENOS AIRES – Mantan Presiden Argentina, Fernando de la Rua dilaporkan meninggal dunia di usia 81 tahun pada Selasa, 9 Juni. De la Rua dikenal oleh pendukungnya sebagai seorang negarawan yang jujur, meski di akhir pemerintahannya membuat negara Amerika Latin itu jatuh ke dalam krisis ekonomi terburuk sepanjang sejarahnya.

Kematian De la Rua telah dikonfirmasi oleh pemerintah Argentina. Presiden Mauricio Macri menyatakan belasungkawa melalui Twitter, mengatakan: "Perjalanan demokratisnya layak mendapat pengakuan dari semua rakyat Argentina."

De la Rua menjabat dari 1999 hingga Desember 2001 ketika ia melarikan diri dengan helikopter dari atap istana kepresidenan. Insiden itu terjadi setelah berhari-hari demonstrasi dan protes keras terhadap penanganan krisis di tengah kerusuhan yang menyebabkan puluhan korban jiwa di seluruh Argentina.

Kantor berita Telam melaporkan bahwa De la Rua meninggal dunia karena komplikasi gagal jantung dan komplikasi lainnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini