nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seorang Pria Ditahan Setelah Panjat Gerbang Istana Buckingham

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 17:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 11 18 2077691 seorang-pria-ditahan-setelah-panjat-gerbang-istana-buckingham-ActPm3OEst.jpg Foto: AFP.

LONDON – Kepolisian Inggris mengatakan bahwa mereka telah menahan seorang pria yang memanjat gerbang depan Istana Buckingham. Insiden itu terjadi hampir 37 tahun setelah peristiwa pembobolan paling terkenal di kediaman Ratu Elizabeth itu.

Berdasarkan keterangan polisi, pria berusia 22 tahun itu telah ditangkap pada Rabu, 10 Juli dini hari Rabu (10 Juli) pagi karena dicurigai melakukan pelanggaran setelah memanjat masuk ke halaman istana.

Surat kabar The Sun melaporkan bahwa perlu empat menit bagi petugas untuk menahannya dan sementara itu dia telah menggedor pintu rumah saat Sang Ratu berusia 93 tahun tersebut tertidur di dalam.

"Pria itu tidak ditemukan memiliki senjata ofensif apa pun dan insiden itu tidak diperlakukan sebagai berkaitan dengan teroris," kata polisi dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, Kamis (11/7/2019).

Pria itu sekarang ditahan di kantor polisi pusat London.

Insiden itu terjadi hampir tepat 37 tahun setelah aksi serupa yang dilakukan oleh seorang pendukung Partai Buruh, Michael Fagan pada 9 Juli 1982.

Fagan memanjat pipa pembuangan istana untuk memasuki kamar ratu dan duduk mengobrol dengannya selama 10 menit sebelum dia bisa memanggil bantuan. Dalam beberapa tahun terakhir, Sejumlah orang telah ditahan setelah memanjat masuk ke halaman istana.

Pada Mei 2016, seorang pria dengan dakwaan atas pembunuhan memanjat tembok dan berjalan sekitar 10 menit di sekitar halaman istana sebelum ditangkap. Dia dipenjara selama empat bulan.

Enam tahun lalu, seorang pria bersenjatakan pisau mencoba masuk melalui gerbang dan kemudian dipenjara selama 16 bulan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini