nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usulkan Ratna Sarumpaet Ajukan Banding, Fahri Hamzah: Harusnya Dia Bebas

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 09:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 12 337 2077919 usulkan-ratna-sarumpaet-ajukan-banding-fahri-hamzah-harusnya-dia-bebas-7iM00ARkng.JPG

JAKARTA - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mengusulkan Ratna Sarumpaet untuk mengajukan banding usai divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ratna dianggap terbukti bersalah telah menyebarkan berita bohong atau hoaks yang menyebabkan kegaduhan.

"Saya mengusulkan agar Ibu Ratna mengajukan banding," ucap Fahri kepada Okezone di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Fahri menjelaskan ihwal mengapa dirinya menyarankan Ratna untuk banding. Lantaran dia menginginkan agar pasal-pasal yang lahir pada masa darurat atau tepatnya satu tahun setelah bangsa Indonesia merdeka tidak lagi digunakan.

Apalagi, Fahri menilai pasal yang menjerat Ibunda Atiqah Hasiholan itu mengandung kelenturan untuk menghukum. Karena itu sebaiknya Undang-undang tahun 1946 plus pasal-pasal karet yang tertuang di dalam UU ITE yang digunakan untuk menjerat Ratna pun harus tinggalkan.

"Perjuangan hukum selanjutnya agar kita dapat secara dingin dan nalar bangsa ini kembali kepada jalan yang benar," tuturnya.

Ratna Sarumpaet

Selain itu, jika nantinya Ratna mengajukan banding atas vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim, Fahri meyakini jika yang bersangkutan akan bebas dari hukuman yang menjeratnya. "Harusnya dia (Ratna Sarumpaet) bebas," katanya menandaskan.

Ratna sebelumnya dianggap terbukti bersalah melanggar Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana karena telah menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong alias hoaks dan dengan sengaja menimbullkan keonaran di kalangan rakyat. Alhasil, ibunda Atiqah Hasiholan itu harus menerima vonis hukuman 2 tahun kurungan penjara.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini