nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Vandalisme di Gedung Pemkab Bojonegoro yang Identik Kelompok Anarko

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 11:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 25 519 2083362 viral-vandalisme-di-gedung-pemkab-bojonegoro-yang-identik-kelompok-anarko-irbUSOYBs0.jpg Aksi vandalisme di Pemkab Bojonegoro. (Avirista Midaada/Okezone)

BOJONEGORO – Aksi vandalisme alias coret-coret mengejutkan warga Bojonegoro dan viral di media sosial, sejumlah tembok pagar dan perkantoran di komplek Pemkab Bojonegoro dan bank swasta jadi sasarannya.

Coret vandalisme dijumpai di 4 titik di gedung Pemkab Bojonegoro, dua tulisan di jumpai pada gedung sisi barat dan tembok pagar. Sedangkan dua lainnya di tembok gedung sisi selatan yang terletak di Jalan Mas Tumapel dan Jalan Pahlawan, bersebelahan dengan gedung DPRD Kabupaten Bojonegoro.

Kata-kata bernada makian terpampang jelas pada tembok gedung dan tembok pagar.

Tak hanya Gedung Pemkab Bojonegoro saja yang jadi sasaran, sebuah bank swasta di Jalan Untung Suropati dekat perempatan Kelurahan Sumbang juga jadi korbannya. Di sana juga terdapat 4 coretan dengan nada serupa.

Coretan vandalisme di Pemkab Bojonegoro. (Avirista Midaada)

Uniknya dari tiga lokasi yang dicoret-coret kelompok tak dikenal ini terdapat kesamaan logo A yang diidentikkan dengan logo kelompok Anarko yang kerap melakukan vandalisme di fasilitas umum dan kantor pemerintahan.


Baca Juga : Berikut Ciri-Ciri Kelompok Anarko Sindikalisme

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli saat dimintai keterangan menyatakan masih melakukan penyelidikan vandalisme ini dibuat oleh kelompok mana dan apa motifnya.

"Kami masih lakukan penyelidikan. Sudah dilakukan olah TKP. Sudah kita tangani, tapi belum ada kelompok yang bertanggung jawab," ungkap Ary Fadli saat dihubungi Okezone, Kamis (25/7/2019).

Ia juga menyebut kesamaan coretan A yang diidentikkan dengan kelompok Anarko yang kerap beraksi di beberapa kota besar di Indonesia Ary enggan berspekulasi.

"Kalau terkait logo siapa saja bisa membuat logo tersebut," tuturnya.

Sebagai informasi, di Kota Malang simpatisan kelompok Anarko ini pada Mei 2019 lalu sempat mencoret-coret sebuah bangunan cagar budaya Jembatan Splendid, usai perayaan Hari Buruh Internasional.

Selain di Malang, simpatisan kelompok Anarko juga beraksi di Bandung dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.


Baca Juga : Paham Anarko Terendus di Yogya, Polisi Pastikan Tidak Akan Eksis

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini