nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedang Berkebun, Petani Kritis Diinjak Gajah Liar

Azhari Sultan, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 12:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 30 340 2085366 sedang-berkebun-petani-kritis-diinjak-gajah-liar-KYJ5FtnP8B.jpg Foto Istimewa

 JAMBI - Eko (40) warga RT 01, Desa Pematang Gadung, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, menjadi korban amukan gajah liar saat sedang berkebun, beruntung nyawanya masih terselamatkan. Akibat serangan gajah itu, sejumlah bagian tubuhnya harus mengalami luka robek di paha sebelah kiri dan bekas pijakan kaki gajah di pinggang sebelah kiri korban.

Tidak itu saja, korban juga mengalami sesak napas sehingga harus dirujuk ke RSUD Hamba Muara Bulian. Menurut informasi yang diterima dari warga sekitar, gajah-gajah liar itu sudah sering memasuki ke perkebunan sawit warga yang ada di Desa Pematangan Gadung.

Tidak hanya merusak kebun sawit warga, gajah tersebut juga merusak tanaman padi warga setempat. Sementara belum diketahui berapa ekor gajah yang berkeliaran di perkebunan warga tersebut.

 Gajah Liar

Menurut salah seorang warga, korban saat itu bersama rekannya berada di kebun berusaha mengusir rombongan gajah. Akan tetapi, malah mendapatkan serangan dari sejumlah gajah tersebut.

"Eko ingin mengusir gajah. Karena gajah-gajah tersebut mau merusak tanaman di perkebunannya. Tapi malah diserang balik oleh gajah," ungkap Hendri, Selasa (30/7/2019).

Diakuinya, belum tahu persis berapa ekor gajah yang menyerang korban. Hanya saja hal ini sudah ditangani oleh Polsek Mersam.

"Kita belum tahu juga apakah pihak BKSDA Provinsi Jambi sudah turun atau belum untuk mengatasinya hal ini," ungkap Hendri.

Sementara itu, Kapolsek Mersam, Iptu Heri Tri Haryanto mengakui adanya peristiwa ini.

"Korban sempat dibawa ke puskesmas terdekat sebelum dilarikan ke rumah sakit. Namun, sekarang korban sudah mendapat perawatan di rumah sakit," ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, kronologis kejadiannya, saat itu korban bersama rekan-rekannya yang berjumlah 10 orang menuju perkebunan dan sawah di RT 01, Desa Pematang Gadung untuk menghalau gajah liar.

"Setiba di perkebunan karet RT 01, mereka bertemu dengan kawanan gajah liar. Kemudian mereka mencoba menghalaunya, namun gajah tersebut malah melakukan perlawanan," tukas Heri.

 Gajah liar

Merasa terusik wilayahnya, kawanan gajah tersebut, langsung mengejar rombongan warga.

"Saat itu korban Eko yang sempat berlari, namun terjatuh dan terinjak oleh salah satu dari kawanan gajah tersebut. Akibatnya, korban mengalami luka serius sehingga harus dibawa ke Puskesmas Mersam guna perawatan sementara dan dirujuk ke RSUD Muara Bulian," tandasnya.

Atas kejadian itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan BKSDA Jambi untuk melakukan pengusiran terhadap kawanan gajah liar.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan jangan gegabah dalam melakukan tindakan pengusiran gajah-gajah liar. Kami berharap BKSDA Jambi agar cepat mengambil langkah pengusiran gajah ke hutan asal Tebo untuk menyatukan kawanannya. Selain itu, masyarakat harus menjauh dari lokasi pemukiman serta perkebunan masyarakat," harap Heri.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini