Pekanbaru Diselimuti Asap Pekat Karhutla, 10 Ribu Masker Dibagikan ke Masyarakat

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Selasa 30 Juli 2019 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 30 340 2085639 pekanbaru-diselimuti-asap-pekat-karhutla-10-ribu-masker-dibagikan-ke-masyarakat-zO9EnvpPqA.jpg Pembagian masker di Pekanbaru, Riau (Foto: Banda Haruddin Tanjung)

PEKANBARU - Petugas kesehatan terus melakukan pembagian masker di semua wilayah di Kota Pekanbaru, Riau. Hari ini ada 10 ribu masker yang dibagikan kepada warga menyusul dampak kabut asap.

Pembagian masker dilakukan dinas kesehatan di sejumlah titik di Pekanbaru, di antaranya Jalan Gajah Mada, Cut Nyak Dien, Tuanku Tambusai, Soekarno-Hatta, Jenderal Sudirman dan lainnya. Sararannya adalah pengendara motor dan mobil.

"Pembagian masker juga kita lakukan di daerah Rumbai. Hari ini, total yang dibagikan ada 10 ribu masker," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Provinsi Riau Yohanes kepada Okezone, Selasa (30/7/2019).

Baca Juga: 30 Titik Panas Kebakaran Hutan dan Lahan Terpantau di Jambi 

Dalam pembagian masker, Dinas Kesehatan Provinsi Riau bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pekanbaru. Dinas kesehatan juga sudah siap siaga jika terjadi bencana kabut asap yang lebih besar di Riau, termasuk melakukan evakuasi warga jika kondisi kabut asap membahayakan.

Pembagian masker 

Kemudian, melakukan promosi kesehatan (Promkes) bila ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) sudah di atas 100 sampai 200, orang yang rentan seperti bayi, balita, bumil (ibu hamil) dan lansia untuk tidak keluar rumah, kalau terpaksa bisa memakai masker dan baju lengan panjang," ucap Yohanes.

Kepada dunia pendidikan, dinas kesehatan juga selalu siap siaga untuk tanggap darurat kabut asap. "Promkes kabupaten dan kota agar memasang spanduk promosi Kesehatan seperti tempat keramaian, fasilitas umum, pasar dan sekolah. Kita siap membagikan masker ke sekolah jika memang sudah mendesak. Namun, sejauh ini kondisi asap masih dinamis," imbuhnya.

Kepada dinas kesehatan kabupaten kota, Dinkes Riau memberikan surat edaran jika membutuhkan masker. "Kita Dinkes Riau siap mendistribusikan masker jika kabupaten dan kota kekurangan masker," ujar Yohanes.

Baca Juga: Kota Pekanbaru Dikepung Kabut Asap Kebakaran Hutan 

Hari ini, kabut asap pekat selimuti Pekanbaru. Kabut asap disebabkan kebakaran hutan dan lahan yang sudah lama terjadi, namun belum bisa tertangani.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini