nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hutan Gunung Welirang Terbakar, Akses Pendakian Ditutup

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 00:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 01 519 2086653 hutan-gunung-welirang-terbakar-akses-pendakian-ditutup-KYabFDJ2ro.jpg Pendakian ke Gunung Welirang Ditutup Sementara Imbas Adanya Kebakaran Hutan (foto: Ist)

MOJOKERTO - Kebakaran lahan hutan juga terjadi di wilayah Gunung Welirang yang berada di timur Gunung Arjuno. Lahan hutan yang terbakar berada di wilayah Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Tahura R. Soerjo, Dedi Hadiana menjelaskan dalam dua hari ini setidaknya 9,5 hektar hutan Gunung Welirang hangus terbakar.

Baca Juga: BPBD Jatim Siapkan Skema Pemadaman Api di Gunung Arjuno via Udara 

Hutan Gunung Welirang Terbakar Pendakian Ditutup (foto: Ist)

"Setidaknya ada 9 hektar yang terbakar di wilayah Putuk Wesi dan Kalijarak, Ketapanrame, Trawas. Itu berada di ketinggian 1.500 mdpl," ungkap Dedi saat dihubungi Okezone, Kamis (1/8/2019).

Sementara pihaknya bersama BPBD Kabupaten Mojokerto perlahan berhasil menjinakkan api. Namun tim gabungan masih melakukan pemantauan di lokasi awal titik api.

"Jalur pendakian ke Gunung Welirang melalui Putuk Siwur kita tutup. Jadi baik Welirang dan Arjuno yang berada di Tahura R. Soerjo semua ditutup," sambung dia.

Di sisi lain, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto M. Zaini mengungkapkan pihaknya membuat sekat supaya membatasi sebaran titik api.

Baca Juga: Kebakaran di Gunung Arjuno Meluas hingga 300 Hektare 

Hutan Gunung Welirang Terbakar Pendakian Ditutup (foto: Ist)

"Kami buat sekat di lokasi titik api yang terbakar. Supaya tidak meluas ke lokasi lainnya," tutur Zaini.

Menurutnya, kencangnya hembusan yang mengarah ke barat membuat petugas sempat kesulitan memadamkan api. "Anginnya berhembus ke barat kencang, ini membuat api cepat meluas ke wilayah Mojokerto," urai dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini