nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

23 Kasus Kebakaran Hutan di Jatim Mayoritas karena Ulah Manusia

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 03 Agustus 2019 02:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 03 519 2087149 23-kasus-kebakaran-hutan-di-jatim-mayoritas-karena-ulah-manusia-eXWqodp6ci.jpg Kebakaran Hutan di Gunung Panderman, Kota Batu (foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG - Setidaknya 23 kasus kebakaran hutan tercatat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur selama sepekan pada akhir Juli 2019.

"Ada 23 kali kejadian kebakaran hutan dari Perhutani di Jawa Timur. Di antaranya di Bojonegoro, Madiun, Nganjuk, Bondowoso, dan Malang," ungkap Kepala BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono saat dihubungi Okezone, Jumat (2/8/2019).

Baca Juga: Kebakaran Hutan Gunung Welirang Padam, Petugas Masih Bersiaga di Lokasi 

Ia menambahkan 99 persen kebakaran hutan di Jawa Timur bukan disebabkan faktor alam, melainkan ulah manusia.

"Kalau sebabnya hampir 99 persen karena manusia. Kalau karena faktor alam saya rasa memang ada, tapi kecil," tuturnya.

Kebakaran Hutan di Area Gunung Arjuno (foto: Ist)	 

Namun, Suban enggan berspekulasi apakah hutan yang terbakar ini lantaran sengaja dibakar atau karena faktor ketidaksengajaan saja.

"Ya saya kan tidak bisa menduga - duga. Tapi ini bisa jadi ulah manusia sendiri. Banyak orang - orang yang membuang rokok sembarangan mereka tidak tahu, karena terkena angin akhirnya bisa membesar apinya," ujarnya.

Sebagai informasi dalam beberapa pekan terakhir di bulan Juli 2019 setidaknya ada 5 kawasan hutan pada gunung di Jawa Timur yang terbakar hebat.

Baca Juga: Hutan Gunung Welirang Terbakar, Akses Pendakian Ditutup 

Di mulai dari kebakaran hutan di Gunung Panderman, Gunung Wilis, Gunung Arjuno dan Welirang, hingga di Gunung Ijen yang berada di Banyuwangi pun turut terbakar.

Meski tak ada korban jiwa manusia dari kebakaran ini, diduga kebakaran tersebut bisa merusak ekosistem lingkungan yang ada di kawasan konservasi alam.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini