nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendakian ke Gunung Arjuno Dibuka Pasca-Status Darurat Kebakaran Dicabut

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 17:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 09 519 2089938 pendakian-ke-gunung-arjuno-dibuka-pasca-status-darurat-kebakaran-dicabut-5ULEy01JII.jpg Gunung Arjuno. (Foto: Avirista/Okezone)

MALANG – Pasca-kebakaran, pendakian ke Gunung Arjuno kembali dibuka sejak Jumat 9 Agustus 2019. Kepala UPT Taman Hutan Raya (Tahura), R. Soerjo Wahyudi mengatakan, dibukanya pendakian ke gunung setinggi 3.339 mdpl itu lantaran status darurat kebencanaan yang ditetapkan BPBD Kota Batu telah dicabut.

"Sudah dibuka mulai Jumat hari ini karena status tanggap daruratnya sudah dicabut oleh BPBD hari Rabu kemarin," ujar Wahyudi, Jumat (9/8/2019).

Namun hingga Jumat sore, menurutnya belum ada laporan apakah telah ada pendaki yang naik ke gunung tersebut karena banyaknya pos pendakian menuju puncak.

"Belum ada laporan karena posnya banyak belum ada laporan. Akan membuat registrasi online agar bisa memantau secara cepat," tuturnya.

Terkait luas area hutan di Gunung Arjuno yang terbakar, Wahyudi belum berani berkomentar banyak lantaran pihaknya belum melakukan perhitungan secara pasti area yang terbakar.

"Belum bisa dipastikan, perlu waktu evaluasi, jadi belum ada hitungannya. Persiapan evaluasi ke atas karena butuh tenaga," tuturnya.

Foto: BPBD Kota Batu

Sebelumnya diberitakan, area hutan di kawasan Gunung Arjuno terbakar sejak Minggu 28 Juli 2019. BPBD Kota Batu sendiri telah menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan Gunung Arjuno.

Hal ini membuat BPBD meminta bantuan kepada BPBD Provinsi Jawa Timur dan BNPB untuk melakukan water bombing atau pemadaman api melalui udara. Tingginya titik api dan curamnya medan menjadikan pertimbangan BPBD mempertimbangkan status darurat bencana kebakaran hutan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini