nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerap Mangsa Warga, Warga Jambi Tembak Mati Buaya

Azhari Sultan, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 22:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 12 340 2091055 kerap-mangsa-warga-warga-jambi-tembak-mati-buaya-NH3YkUGwW3.jpg Buaya ditangkap warga Jambi (foto: ist)

JAMBI - Seekor buaya ganas dengan panjang 6 meter di Dusun Pulau Puro, Desa Lubuk Benteng, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi ditangkap oleh warga setempat.

Pasalnya, buaya tersebut kerap meresahkan warga. Bahkan, salah seorang warga nyaris diterkamnya saat hendak mandi di jamban di atas sungai.

Kepala Desa Lubuk Benteng, M Yusup membenarkan adanya seekor buaya yang ditangkap warga.

"Dalam kurun waktu sepekan ini, ada buaya sering muncul dipermukaan air dan sempat membahayakan warganya," ujar Yusup kepada wartawan, Senin (12/8/2019).

Disamping itu, dia mengaku ada salah seorang warganya yang nyaris dimangsa hewan reptil tersebut.

"Beberapa waktu lalu, ada warga kita hampir dimakan buaya saat hendak mandi di jamban Sungai Batanghari. Untung saja bisa selamat," tutur Yusup.

 Buaya

Melihat kejadian itu, selanjutnya warga sepakat bersama-sama mengintai buaya tersebut. Dan akhirnya, pada akhir pekan lalu buaya yang meresahkan berhasil ditangkap warga.

Tidak hanya ditangkap, buaya tersebut juga dibedah isi perutnya oleh warga. Setelah dicek secara seksama, warga menemukan tulang belulang, plastik asoi, dan jaring.

"Kalau soal tulang tersebut, kita juga tidak tau apakah tulang manusia atau tulang binatang," imbuh Yusup.

Terpisah, pihak BKSDA Provinsi Jambi, Hefa Edison yang merupakan Kepala Resot Wilayah Tebo, menyayangkan dengan kejadian ini.

"Ini binatang dilindungin dan tidak boleh dibunuh dengan cara ditembak. Buaya ini berjenis Sinyolong yang berukuran 6 meter. Untuk umur Buaya ini diperkirakan sudah mencapai 30 tahun," kata Hefa.

Terkait jenis kelamin Buaya tersebut, Hefa Edison mengatakan tidak mengetahuinya, dikarenakn berapa bagian badan buaya sudah tidak utuh lagi.

"Tubuhnya sudah bayak yang hilang bekas sanyatan pisau. Setelah kita lihat kematian Buaya tersebut terkena tembakan bagian kepalahnya," tandasnya.

Dengan adanya kejadian itu, dalam waktu dekat ini BKSDA Provinsi Jambi akan sosialisasi. Selain itu, kita akan memasang imbauan-imbauan di tempat lintasan-lintasan satwa liar yang ada d Kabupaten Tebo.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini