nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Hutan Gunung Ciremai Meluas hingga 500 Hektare

Toiskandar, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 09:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 13 525 2091196 kebakaran-hutan-gunung-ciremai-meluas-hingga-500-hektare-pendakian-masih-ditutup-8Ry8CBvdDf.jpg Kebakaran hutan Gunung Ciremai. (Foto: Ist)

KUNINGAN – Kebakaran hutan Gunung Ciremai sudah terjadi selama tujuh hari. Hingga hari ini, Selasa (13/8/2019), amukan si jago merah yang berpusat di kawasan Gua Walet itu belum bisa dipadamkam. Sebaran titik api bahkan meluas hingga menghanguskan lebih dari 500 hektare kawasan hutan.

"Hingga saat ini tim gabungan dibantu ratusan relawan masih terus melakukan pemadaman kebakaran melalui sejumlah cara. Seperti cara manual dan dengan cara pemadaman melalui udara dengan helikopter water bombing," ucap Ketua Posko Pendakian Gunung Ciremai via Jalur Palutungan Endun Abdulah.

Baca juga: Gunung Ciremai Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup Sementara 

Akibat kebakaran yang makin luas itu, pihak Badan Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) memutuskan masih menutup semua jalur pendakian. Belum diketahui sampai kapan penutupan dilakukan.

Kebakaran hutan Gunung Ciremai. (Foto: Ist)

Dampaknya, ribuan pendaki yang hendak memperingati 74 tahun kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terancam gagal. Bahkan sebelumnya ada pendaki yang terpaksa dipulangkan.

Baca juga: Pemadaman Water Bombing di Gunung Ciremai Dihentikan Akibat Cuaca Buruk 

Tidak hanya menutup jalur pendakian, pihak pengelola juga sudah mengembalikan uang pendaftaran. Sebelumnya para pendaki memang telah mendaftar dan membayar melalui sistem daring (online) yang dibuka pengelola.

Berdasarkan data BTNGC, setiap tahunnya 2.000 lebih pendaki dari berbagai daerah di Indonesia memperingati hari kemerdekaan RI di puncak Gunung Ciremai 3.078 meter dari permukaan laut (MDPL).

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini