nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Ciremai Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Toiskandar, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 12:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 08 525 2089290 gunung-ciremai-terbakar-jalur-pendakian-ditutup-sementara-EmpxMzjvxE.jpg Gunung Ciremai Terbakar (foto: Ist)

CIREBON - Gunung Ciremai, Jawa Barat terbakar sejak Rabu 7 Agustus 2019 siang. Lokasi kebakaran di atas ketinggian 2.900 mdpl berlokasi di Sanghiang Ropoh, Simpang Apuy, Perbatasan Kuningan-Majalengka.

Akibatnya, seluruh pos pendakian Gunung Ciremai ditutup sementara untuk menghindari korban jiwa. Kepulan asap Gunung Ciremai terlihat di pos pendakian Palutungan Kuningan, Jabar, Kamis (8/8/2019).

Baca Juga: Warga Buka Lahan dengan Sistem Tebas Bakar, 9 Titik Panas Terpantau di NTT

Kebakaran Hutan Gunung Ciremai (foto: Ist)	 

Kebakaran hutan Gunung Ciremai ini di atas ketinggian sekitar 2.900 mdpl. Api terlihat sejak Rabu siang dan sampai saat ini terus dilakukan pemadaman oleh petugas. Angin yang kencang serta lokasi yang sulit membuat petugas mengalami kendala dalam memadamkan api.

Guna mengantisipasi adanya korban jiwa, seluruh pos pendakian ditutup sementara. Pos pendakian yang ditutup antara lain Palutungan, Linggarjati dan Linggasana.

Sejumlah relawan dari pos pendakian diturunkan untuk membantu memadamkan api di puncak Gunung Ciremai. Petugas juga telah mengevakuasi 31 pendaki yang masih lokasi pendakian.

Baca Juga: Jalankan Instruksi Jokowi, Polri Siap Copot Personel yang Tak Mampu Atasi Karhutla 

Kebakaran Hutan Gunung Ciremai (foto: Ist)

Ketua Pos Pendakian Gunung Ciremai Palutunga, Endun Abdulah mengatakan, api mulai terlihat dari kawasan Puncak Ciremai saat Rabu siang.

"Titik api berasal dari wilayah Simpang Apuy Majalengka dan kini menjalar ke wilayah Kuningan," kata Endun.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab terbakarnya Gunung Ciremai dan belum diketahui berapa luas hektar yang terbakar.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini