nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo Berikan Selamat HUT Ke-74 RI

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 08:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 16 18 2093007 menlu-amerika-serikat-mike-pompeo-berikan-selamat-hut-ke-74-ri-x8RtyTiSU0.jpg Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. Foto/Kemlu AS

JAKARTA - Mewakili pemerintah Amerika Serikat (AS), Menteri Luar Negeri Michael (Mike) R. Pompeo menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada rakyat Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 pada 17 Agustus 2019.

“Amerika Serikat dan Indonesia tahun ini juga merayakan 70 tahun hubungan diplomatik resmi, kami mengharapkan kemajuan kemitraan strategis terus berlanjut untuk kepentingan rakyat Indonesia dan Amerika, serta untuk mendukung perdamaian dan kemakmuran di kawasan dan di dunia,” ujar Pompeo dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Dalam pernyataan itu, Amerika Serikat juga menyampaikan apresiasi atas peran Indonesia sebagai pemimpin yang demokratis di kawasan Indo-Pasifik dan sebagai suara penting untuk prioritas global.

“Nilai-nilai dan kepentingan kita bersama akan mendorong hubungan kedua negara yang lebih erat di tahun-tahun yang akan datang,” kata Pompeo.

Foto/Reuters

Amerika Serikat bangga akan hubungan bersejarah antara kedua negara dan menyampaikan harapan terbaik bagi rakyat Indonesia dalam kesempatan yang penting ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah bertemu dengan Pompeo di Istana Merdeka pada awal Agustus 2018.

Keduanya membahas sejumlah isu bilateral dan internasional.

Jokowi menjelaskan tentang Indonesia, bahwa merupakan negara terbesar di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, sekaligus negara muslim paling besar di dunia.

Sedangkan Pompeo mengatakan AS sangat menghargai tumbuhnya demokrasi di Indonesia.

(fzy)

Berita Terkait

HUT Ke-74 RI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini