nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kronologi Pembajakan KM Mina Sejati yang Tewaskan 2 ABK di Perairan Maluku

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 16:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 18 340 2093523 kronologi-pembajakan-km-mina-sejati-yang-tewaskan-2-abk-di-perairan-maluku-SJxi3rOk9L.jpg Ilustrasi

JAKARTA - ‎Kapal Motor (KM) Mina Sejati dibajak oleh orang tidak dikenal yang diduga pelakunya merupakan Awak Buah Kapal (ABK). Berdasarkan laporan yang diterima oleh pihak kepolisian, pembajakan KM Mina Sejati terjadi pada Jumat, 16 Agustus 2019, sekira pukul 20.00 WIT.

Pihak kepolisian baru mendapatkan laporan tersebut pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Pembajakan dilaporkan bermula dari pertikaian antara sesama ABK. Sebanyak sembilan ABK yang berada di KM Mina Sejati kemudian langsung menceburkan diri ke perairan Maluku.

Nahas, dua orang ABK tewas diduga kelelahan saat menyelematkan diri. Sementara tujuh ABK lainnya yang menyeburkan diri telah dilakukan proses evakuasi oleh kapal nelayan lainnya yang posisinya dekat dengan KM Mina Sejati.

Baca Juga: KM Mina Sejati Dibajak di Perairan Maluku, 2 ABK Tewas

"Pada hari Jumat, tanggal 16 Agustus 2019, pukul 20.00 WIT terjadi insiden pertikaian antara sesama ABK KM Mina Sejati. 9 orang ABK menceburkan diri ke laut dan sudah di evakuasi oleh kapal nelayan yang lain. 2 orang diantaranya meninggal dunia dan 7 orant selamat," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo kepada Okezone, Minggu (18/8/2019).

Berdasarkan keterangan dari tujuh ABK yang selamat, ada tiga ABK yang ingin menguasai KM Mina Sejati. ‎Tiga ABK tersebut menguasai senjata tajam yang diduga untuk melakukan pembajakan kapal.

‎"Dari keterangan 7 orang ABK yang selamat menyampaikan bahwa 3 orang ABK menguasai kapal dengan membawa alat tajam berupa samurai dan parang. Sehingga 9 orang ABK tersebut lari dan menceburkan diri ke laut," terangnya.

Pembajakan Ilustrasi

Saat ini, KM Mina Sejati masih berada di perairan Kepulauan Aru Selatan, Malaku. Pihak kepolisian sedang melakukan koordinasi dengan tim Basarnas setempat untuk menyelematkan ABK yang masih berada di KM Mina Sejati.

"Lanal Aru dan Polres Kep Aru saat ini sedang melakukan pencarian," ucapnya.‎

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini