Hujan Deras dan Cuaca Dingin Tak Hilangkan Kemeriahan Peringatan HUT ke-74 RI di Buenos Aires

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 19 Agustus 2019 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 19 18 2093703 hujan-deras-dan-cuaca-dingin-tak-hilangkan-kemeriahan-peringatan-hut-ke-74-ri-di-buenos-aires-zd6lUZkIQ1.JPG Foto: Dok. KBRI Buenos Aires.

BUENOS AIRES - Hujan deras dan udara dingin tidak menurunkan antusiasme masyarakat Indonesia di Buenos Aires, Argentina untuk merayakan upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Upacara yang semula akan digelar di halaman Wisma Duta KBRI Buenos Aires akhirnya dilaksanakan di dalam ruangan Aula KBRI Buenos Aires.

Namun, warna-warni upacara tidak berkurang dan menjadi menarik karena hampir seluruh peserta upacara, baik petugas upacara, pejabat dan staf KBRI Buenos Aires serta masyarakat Indonesia dan anak-anak mengenakan pakaian adat nusantara. Warna-warni pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia menjadi dekorasi indah peringatan HUT ke-74 RI di Buenos Aires.

“Kita harus bangga dengan keanekaragaman Indonesia, itulah kekuatan yang ingin ditonjolkan dalam upacara HUT RI di Buenos Aires”, demikian disampaikan Dubes RI Niniek Kun Naryatie.

Upacara dilanjutkan dengan acara tumpengan yang menuru, Dubes Niniek, merepresentasikan keberagaman Indonesia dan bentuk pengharapan serta doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Lauk pauk yang terdapat pada tumpeng, melambangkan beraneka ragam manusia, adat istiadat dan karakter yang terdapat di Indonesia. Tumpeng yang menjulang seperti gunung adalah pengharapan dan doa kepada Allah SWT, Tuhan YME. Oleh karena itu tumpeng harus dikeruk dari bawah bukan dipotong puncaknya," jelas Dubes Niniek.

Peringatan HUT RI tak ketinggalan dimeriahkan dengan berbagai lomba khas seperti di tanah air. Lomba makan kerupuk, balap kelereng, rebutan kursi, memasukan pensil ke dalam botol diikuti dengan antusias tidak saja oleh anak2 dan remaja tapi juga dewasa.

Lomba-lomba lain seperti merias pasangan, menghias kue tart dan kuis seputar Indonesia juga digelar untuk lebih mendekatkan sesama warga serta mengandung unsur pendidikan.

Tidak kalah unik, makan siang dan ragam kudapan yang disediakan juga dikondisikan seperti jajanan pasar di Indonesia. KBRI Buenos Aires bahkan menghadirkan gerobak mie ayam di dalam ruangan untuk dinikmati masyarakat Indonesia.

“Bagi beberapa masyarakat Indonesia yang telah lama tinggal di Argentina, kegiatan ini sangat dinantikan, baik untuk silaturahmi maupun melepas rindu akan Indonesia,” pungkas Dubes RI. Oleh karena itu, situasi HUT RI di Buenos Aires kita buat semirip mungkin dengan di tanah air sebagai media melepas rindu, lanjutnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini