nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Pria Menunggangi Hiu Paus Picu Kemarahan Warganet Meksiko

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 07:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 18 2094006 dua-pria-menunggangi-hiu-paus-picu-kemarahan-warganet-meksiko-yrimjzbt6X.jpg Dua pira menunggangi hiu paus yang terancam punah. Foto/CEN/Mirror

MUJERES - Dua pria yang muncul dalam foto terlihat sedang menunggangi hiu paus yang terancam punah telah memicu kemarahan warganet (netizen).

Foto-foto itu diduga diambil di lepas pantai Meksiko dan menunjukkan pasangan itu—turis dan pemandu wisata—sedang menaiki ikan raksasa tersebut.

Kedua pria itu berpegangan pada tali yang tampaknya melekat pada perahu wisata di lepas pantai baik Isla Holbox atau Mujeres, dua pulau di Laut Karibia milik Meksiko.

Hiu paus adalah spesies terbesar di laut dengan ukuran panjang bisa mencapai 12 meter dan berat 20 ton. Mirror Melaporkan hius paus yang terpanjang yang pernah dicatat dengan ukuran 18 meter.

Foto/CEN/Mirror

Baca juga: 40 Kilogram Sampah Plastik Ditemukan di Perut Seekor Paus yang Mati Kelaparan di Filipina

Baca juga: Paus Sepanjang 8 Meter Ditemukan di Hutan Amazon

Cristopher Gonzalez, direktur regional untuk Komisi Regional Semenanjung Yucatan, mengatakan pihaknya masih mengidentifikasi keaslian foto tersebut.

Foto/CEN/Mirror

Dia menambahkan bahwa tidak ada informasi lain selain di media sosial dan menduga kejadia bisa saja tidak terjadi di Meksiko jika melihat jenis tali yang terlihat dalam foto.

World Wildlife Fund mengatakan di situs webnya bahwa ia terlibat dengan komunitas nelayan kecil Holbox, di ujung Semenanjung Yucatan, Meksiko, ketika desa itu menjadi wisata awal untuk melihat ikan hiu paus.

"Sayangnya, beberapa pemandu memungkinkan wisatawan untuk naik hiu paus,” tulis organisasi tersebut.

"WWF bernegosiasi dengan pihak-pihak yang terlibat untuk membuat peraturan yang membantu para pegiat pariwisata mendapat keuntungan tanpa membahayakan hewan."

Wilayah Yucatan menjadi salah satu lokasi terbaik di dunia untuk berenang bersama hiu paus.

Aksi kedua pria menunggangi paus memicu kemarahan warganet di media sosial. Banyak pengguna media sosial marah oleh foto-foto itu. "Operator perjalanan dan turis yang memanjat hewan malang itu harus dihukum!"

Pengguna lain menambahkan, "Tindakan itu benar-benar tidak dapat diterima."

Ditemukan di perairan tropis, hiu paus adalah spesies yang terancam punah dan populasinya semakin menurun.

Mamalia itu memiliki rentang hidup rata-rata 70 tahun.

Hiu paus berenang dengan lambat dan makan dengan cara membuka mulut raksasa mereka untuk menelan plankton dan ikan-ikan kecil.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini