nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral, Pegawai Restoran Tulis Nama Customer 'Cina' di Struk Belanja

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 00:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 525 2093599 viral-pegawai-restoran-tulis-nama-customer-cina-di-struk-belanja-EH6KqSAmiA.jpg Struk belanja. (Foto : Ilustrasi/Ist)

JAKARTA – Jagad media sosial dihebohkan dengan sebuah gambar struk belanja makanan dari sebuah Restoran Ponyo Malabar yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Di dalam kuitansi pembelanjaan itu, seorang kasir mengetik nama customer dengan nama Cina.

Dalam struk bertanggal 17 Agustus 2019 itu tertulis seorang konsumen membeli berbagai macam makanan, yaitu 2 perkedel jagung, 2 bakwan udang, 1 asin jambal dan 1 sate udang. Total pembelian customer di Restoran Ponyo adalah Rp57 ribu.

Melihat adanya tulisan berbau rasis dalam struk tersebut, beberapa warganet langsung membanjiri kolom komentar akun Instagram @makanponyo.

“Denger2 ini resto yg nulis nama konsumen jadi ‘Cina’ ya? Saya liat tuh di story ci @d3lim. Aduh malu2in deh zaman skrg masih rasis aja. Padahal pengunjung kalian itu beragam lho suka dan rasnya,” tulis @mariskatracy.

Struk bertulis nama customer Cina. (Ist)

“Pernah makan sana sekali , dan liat kelakuan pegawai nya rasis gini, dijamin sih ga akan mampir lg,” tulis @lung_iwan

Tak lama berselang, melihat nama baik Restoran Ponyo mulai terancam, pihak manajemen langsung mengeluarkan klarifikasi. Mereka menyebut sudah menegur pegawai bernama Popon yang telah melakukan kesalahan tersebut.

“Selamat Malam Bapak Ibu yang kami hormati. Berikut kami lampirkan klarifikasi perihal struk. Kami menyesalkan atas kejadian ini dan memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” tulis akun Instagram restoran tersebut, @makanponyo yang dikutip Okezone, Minggu (18/8/2019).

Dalam unggahannya di Instagram, pihak Ponyo Restoran juga memberikan keterangan pers, yang berstempel tertanda manajamen restoran, per tanggal 18 Agustus 2019.

Dalam keterangannya tersebut, pihak Ponyo Malabar mengeluarkan beberapa poin pernyataan terkait ulah pegawainya tersebut. Penulisan nama customer disebutkan sebagai tindakan pribadi karyawan Ponyo yang bersangkutan.

Instagram makanponyo

"Kami telah melakukan tindakan sesuai peraturan perusahaan untuk saudara P. Dari pihak Ponyo Malabar sudah bertemu langsung dengan Ibu A (yang mana beliau tidak ingin memberikan nama maupun kontaknya) diwakili oleh Ponyo Malabar, kami sudah sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada beliau," bunyi pernyataan tersebut.


Baca Juga : Viral Siswa Gagal Jadi Paskibra Usai Disalip Anak Pejabat Tanpa Seleksi

“Oleh karena itu, kami atas nama manajemen Ponyo meminta maaf sebesar-besarnya, khususnya kepada ibu A dan kepada masyarakat secara umum atas ketidaknyamanan ini.”

Okezone pun sudah mencoba mengonfirmasi terkait kabar tersebut ke pihak manajeman Restoran Ponyo. Namun, hingga kini pesan singkat yang dilayangkan tak kunjung dibalas oleh mereka.


Baca Juga : Viral Ojol Dirampok Hingga Ditombak Terekam CCTV

1
2

Berita Terkait

Viral

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini