nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bea Cukai Sorong Hadiri Pelepasliaran Burung Endemik Hasil Sitaan

Selasa 20 Agustus 2019 14:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 20 1 2094280 bea-cukai-sorong-hadiri-pelepasliaran-burung-endemik-hasil-sitaan-DPX0QmhA0I.jpg Foto: dok.Humas Bea Cukai

SORONG – Bea Cukai Sorong menghadiri Pelepasliaran Burung Endemik Papua yang digelar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Barat, di Taman Wisata Alam (TWA) Sorong. Burung yang dilepas dalam acara tersebut merupakan hasil sitaan, temuan, dan penyerahan oleh masyarakat untuk dikembalikan ke habitat asli.

Kegiatan ini, selain dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-74, juga merupakan rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2019 yang jatuh setiap 10 Agustus.

Kepala PSO Bea Cukai Sorong, Kholis Kamaludin berharap acara tersebut dijadikan momentum untuk terus mempertahan upaya melestarikan satwa liar yang dilindungi, khususnya di Papua Barat.

“Dengan peringatan ini diharapkan terbangun spirit/semangat pengelolaan alam dan lingkungan secara bijaksana agar menjamin kesinambungan antara unsur manfaat dan unsur pelestarian alam. Biarkan burung terbang bebas dan menjalankan fungsinya di alam sebagai penjaga keseimbangan ekosistem lingkungan. Dengan begitu, kita akan tetap menikmati kicaunya yang riang maupun keindahan bulunya,” ujarnya.

Kholis juga berpesan agar masyarakat tidak ragu melaporkan kepada Bea Cukai atau aparat penegak hukum lainnya bila menemukan aksi penyelundupan satwa dilindungi. “Kekayaan alam hayati milik seluruh bangsa Indonesia, harus dijaga kelestarianya. Tidak boleh kekayaan hayati anugerah Tuhan YME hanya dinikmati sebagian orang terlebih oleh sebagian orang di luar bangsa kita sendiri. Pencurian dan perburuan liar harus dihentikan jika kita ingin mewariskan kekayaan hayati kepada anak cucu kita,” tegasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini