nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebagian Warga Musi Banyuasin Dievakuasi Imbas Karhutla Makin Meluas

Melly Puspita, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 15:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 21 610 2094825 sebagian-warga-musi-banyuasin-dievakuasi-imbas-karhutla-makin-meluas-SQxPE1mezr.jpg Foto: BPBD Musi Banyuasin

PALEMBANG - Selama sepekan terakhir kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kecamatan Byung Lencir, Kecamatan Musi Banyuasin tidak kunjung padam. Bahkan sekat bakar yang dibuat oleh tim satgas Karhutla supaya api tidak luas menjalar tidak berhasil.

Akibat Karhutla ini, Satgas Karhutla terpaksa harus mengevaluasi warga yang rumahnya berada di dekat lokasi. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir dampak buruk yang akan terjadi, termasuk susah bernapas.

Akhmad Toyibir, Camat Bayung Lincir mengatakan kebakaran lahan gambut ini terjadi di Desa Muara Medak. Evakuasi dilakukan oleh TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni dengan membawa warga ketempat yang lebih aman.

Karhutla Sumsel

"Ini untuk menghindari dampak buruk dari Karhutla. Sebagian penduduk sudah kita evakuasi, karena Karhutla yang terjadi sudah sangat berbahaya," ucap Akhmad Toyibir, Rabu (21/08/2019).

Lahan gambut yang kering serta luasan yang mencapai ribuan hektare sulit ditaklukan oleh tim satgas. Faktor angin kencang sangat mempengaruhi proses pemadaman tersebut.

Baca Juga: Asap yang Menyelimuti Kota Jambi Kiriman dari Musi Banyuasin

Karena hal tersebut, Satgas juga meminta masyarakat supaya dapat bekerjasama dan membantu pemadaman supaya tidak terus meluas.

"Untuk pria kami minta bantuannya untuk padamkan kebakaran lahan, sementara perempuan dan anak-anak sudah diungsikan ketempat yang aman," kata Toyibir.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini