nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kota Ini Berpeluang Gantikan Bandung sebagai Ibu Kota Jabar

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 16:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 29 525 2098200 3-kota-ini-berpeluang-gantikan-bandung-sebagai-ibu-kota-jabar-miIwNAruE8.jpg Ilustrasi Gedung Sate (Foto: Instagram/@gedungsate)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, berencana mencari kota lain untuk menggantikan Bandung sebagai Ibu Kota Jabar. Pemindahan itu dikatakannya, sedang dalam kajian setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD Jabar pada rapat paripurna.

"Tengah dikaji dulu rencananya di beberapa lokasi. Kajiannya dilakukan enam bulan ke depan,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (29/8/2019).

Soal penilaian wilayah yang bakal ditunjuk sebagai Ibu Kota provinsi di antaranya mempertimbangkan tingkat risiko bencana, aksesibilitas, tingkat ekonomi, hingga ketersediaan air.

Pria yang karib disapa Emil ini mengatakan sejauh ini ada tiga wilayah yang bisa dipilih untuk merealisasikan rencana tersebut. Yakni, Tegalluar, Kabuparen Bandung; Walini, Kabupaten Bandung Barat; atau di wilayah Kabupaten Majalengka.

Gedung Sate (Dok. Okezone)

Meski belum secara eksplisit menjelaskan alasannya, namun ketiga wilayah itu memang diproyeksikan sebagai pusat pengembangan ekonomi baru. Untuk Tegalluar dan Walini, merupakan wilayah yang dilalaui Kereta Cepat Bandung-Jakarta.

Baca Juga : Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Jaringan Internet Jadi Masalah

Baca Juga: Jualan di Trotoar Dilarang, tapi Pemprov Belum Beri Tahu Pedagang

Sedangkan Majalengka, ditargetkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang melingkupi kawasan Cirebon dan Patimban. Apalagi di Majalengka sudah dibangun bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan akan dikembangkan Aero City.

"Sementara tiga tempat itu (yang dipertimbangkan)," kata Emil.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini