Sedikitnya Lima Tewas Akibat Amukan Badai Dorian di Bahama

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 03 September 2019 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 03 18 2099964 sedikitnya-lima-tewas-akibat-amukan-badai-dorian-di-bahama-XtUgHoXPO9.jpg Foto: Reuters.

TITUSVILLE - Sedikitnya lima orang tewas di Bahama saat Badai Dorian menerjang negara kepulauan itu. Perdana Menteri Bahama Hubert Minnis mengatakan bahwa korban jiwa dikonfirmasi di Kepulauan Abaco, sebelah timur laut Bahama, yang terkena dampak dahsyatnya badai.

Amukan Badai Dorian, badai Atlantik terkuat kedua yang pernah tercatat, masih terus berlanjut di Bahama. PM Minnis mengatakan badai itu masih “sangat berbahaya”.

BACA JUGA: Bahama Bersiap Hadapi Terjangan Badai Kategori 4 Dorian

Keterangan dari Palang Merah Internasional yang dilansir BBC, Selasa (3/9/2019) memperkirakan 13.000 rumah dikhawatirkan rusak atau hancur akibat terjangan badai. Foto-foto juga memperlihatkan genangan banjir, mobil terbalik dan pohon-pohon yang patah.

Video dan laporan saksi mata melukiskan gambaran banjir besar dan meluas, dengan keluarga yang panik melarikan diri ke atap mereka untuk menghindari ketinggian air yang semakin naik.

BACA JUGA: Porak-Porandakan Bahama, Badai Monster Dorian Bergerak Menuju AS

Badai Dorian menghantam Bahama sebagai badai kategori lima tetapi sejak saat itu telah melemah ke kategori empat. Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) menyebutkan bahwa Dorian membawa angin dengan kecepatan maksimum 240 km / jam. Badai ini merupakan yang terkuat yang pernah menghantam Bahama sejak pencatatan dimulai.

Meski dikatakan melemah, Dorian akan tetap menjadi "badai yang kuat selama beberapa hari ke depan".

NHC mengatakan bahwa hanya sedikit penyimpangan di jalur badai yang dapat membawa Dorian mengarah langsung ke pantai timur Florida, yang sudah diperkirakan akan menghadapi gelombang badai yang mengancam jiwa dan angin berbahaya selama beberapa hari ke depan.

Negara bagian AS di Florida, Georgia, Utara, dan Carolina Selatan semuanya menyatakan keadaan darurat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini