Porak-Porandakan Bahama, Badai Monster Dorian Bergerak Menuju AS

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 02 September 2019 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 18 2099550 porak-porandakan-bahama-badai-monster-dorian-bergerak-menuju-as-hJ4CMg8ehp.jpg Foto: Reuters.

TITUSVILLE - Salah satu badai terkuat dalam beberapa tahun terakhir menerjang Kepulauan Bahama, menyebabkan kerusakan parah dan banjir besar. Badai kategori lima Dorian mendarat di Bahama pada Minggu, membawa angin dengan kecepatan mencapai 285 kilometer per jam (km/j).

Pejabat Bahama telah memperingatkan gelombang besar dengan ketinggian hingga 7 meter diperkirakan akan terjadi di beberapa tempat.

Wilayah Kepulauan Abaco berada terendam air setelah badai menghantam Elbow Cay di Bahama pada Minggu, beberapa saat setelah tengah hari. Badai juga menghantam pulau Grand Bahama dengan angin kencang dan hujan deras.

BACA JUGA: Bahama Bersiap Hadapi Terjangan Badai Kategori 4 Dorian

Penduduk Bahama mem-posting rekaman yang menunjukkan air banjir melanda beberapa rumah setelah angin kencang menghancurkan atap rumah mereka. Video-video juga menunjukkan kapal-kapal terbalik mengambang di genangan air yang penuh dengan puing.

Ada juga laporan tentang pemadaman listrik dan akses terbatas ke internet di sekitar 700 pulau di negara itu.

Pemerintah telah membuka 14 tempat perlindungan dan memberi memasukkan lusinan gereja, sekolah, dan bangunan lain dalam daftar resmi tempat penampungan darurat.

Namun, karena lokasi-lokasi tersebut telah penuh, ada kekhawatiran bahwa penduduk akan dipaksa untuk berlindung di tempat lain yang tidak terdaftar untuk menerima makanan dan air dari pemerintah.

Para pejabat juga menyatakan kekecewaannya karena beberapa warga yang memilih untuk mengabaikan perintah evakuasi.

"Akhirnya bisa berakibat fatal," kata Asisten Komisaris Polisi Samuel Butler sebagaimana dilansir BBC, Senin (2/9/2019). "Kami meminta Anda, kami mohon, kami memohon agar Anda pergi ke tempat yang aman."

Dorian diperkirakan akan terus bergerak ke Pulau Grand Bahama pada Senin.

Badai bergerak perlahan ke barat dan mungkin menghantam daerah-daerah pesisir timur Amerika Serikat (AS). Negara bagian AS di Florida, Georgia, Utara, dan Carolina Selatan telah menyatakan keadaan darurat.

Dorian akan mendekati pantai timur Florida pada Senin malam sampai Selasa malam waktu setempat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini