Peringati Hari Ozon Sedunia, KLHK Resmikan Wahana Ozon di TMII

Wilda Fajriah, Okezone · Senin 16 September 2019 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 16 1 2105472 peringati-hari-ozon-sedunia-klhk-resmikan-wahana-ozon-di-tmii-VSNIOGND7z.jpg Peresmian Wahana Ozon di TMII (Foto: Wilda/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) memperingati Hari Ozon Sedunia 2019 di kawasan Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) Jakarta. Peringatan ini ditandai dengan peresmian Wahana Ozon di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) TMII.

Wahana Ozon diresmikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Ruandha Agung Sugardiman pada Senin (16/9/2019) pagi. Acara tersebut dihadiri oleh 260 pelajar tingkat SMP, perwakilan dari kementerian/lembaga terkait, serta perwakilan Implementing Agency World Bank dan United Nations Development Programme (UNDP).

Ruandha mengatakan, keberadaan Wahana Ozon diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat, khususnya pelajar, tentang pentingnya penyelamatan terhadap lapisan ozon. Fasilitas di Wahana Ozon dibuat secara interaktif sehingga mempermudah siswa dalam mempelajari perlindungan terhadap lapisan ozon.

"Saya berharap agar pihak sekolah yang melakukan kunjungan ke PP IPTEK ini dapat menerapkan praktiknya di lingkungan terdekat, dan lebih selektif dalam pemilihan kebutuhan sehari-hari, serta menghindari bahan-bahan yang berbahaya terhadap lapisan ozon," ujar Ruandha.

Ruandha menerangkan, kerusakan ozon dapat berakibat fatal pada kehidupan makhluk hidup di bumi. Bagi manusia, kerusakan lapisan ozon dapat menyebabkan berbagai penyakit imbas terpapar sinar ultraviolet secara langsung.

"Mari kita semua menjadi Ozone Heroes, yang menjaga bumi tetap terlindungi oleh lapisan ozon yang merupakan perisai perlindungan dari sinar ultraviolet B," pungkas Ruandha.

Lapisan Ozon merupakan lapisan di atmosfer pada ketinggian 20-35 kilometer di atas permukaan bumi yang mampu menyerap 97 hingga 99 persen sinar ultraviolet. Upaya perlindungan lapisan ozon telah mengurangi terjadinya dampak radiasi UV-B terhadap kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya serta lingkungan hidup.

Pengenalan pengetahuan tentang lapisan ozon diperlukan sejak dini. Dengan mendorong para siswa memahami jenis bahan perusak ozon dapat meningkatkan kepedulian dan peran aktif dalam penyelamatan lapisan ozon. (cm)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini