nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hutan di Gunung Arjuno Kembali Terbakar

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 29 September 2019 17:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 29 519 2110741 hutan-di-gunung-arjuno-kembali-terbakar-4pYpWlDuex.jpg Foto: Ist

MALANG - Kebakaran kembali terjadi di hutan Gunung Arjuno yang berada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo. Titik api ditemukan pertama oleh petugas Tahura di kawasan Sumberbrantas, Kota Batu, tepatnya di Gunung Kembar Satu.

Kepala UPT Tahura R. Soerjo Ahmad Wahyudi mengatakan terdapat dua titik api yang dilaporkan muncul di kawasan Gunung Kembar Satu, wilayah Gunung Arjuno, pada Sabtu malam sekitar pukul 19.00 WIB.

"Laporannya Sabtu malam memang ada dua titik api di kawasan Gunung Kembar Satu Tahura, pada Sabtu malam kemarin (28/9/2019)," ujar Wahyudi.

Guna memadamkan api di dua titik tersebut, Tahura R. Soerjo telah memberangkan 31 personel gabungan bersama BPBD Kota Batu dari Desa Sumberbrantas, Kota Batu.

"Tim pertama sudah berangkat tadi pagi ada 31 personel. Rencananya tim kedua sore ini akan berangkat jam 16.00 WIB ada 15 orang personel," ungkapnya.

Ilustrasi

Pihaknya hingga Minggu sore masih belum mendapat laporan berapa titik api yang masih dipadam atau masih akan berkembang ke sektor lainnya.

"Tim di atas belum ada laporan. Tapi kami upayakan cepat segera padam. Nanti perkembangan lebih lanjut akan disampaikan," pungkasnya.

Baca Juga: Pendakian ke Gunung Arjuno Masih Ditutup

Kebakaran hutan di Gunung Arjuno menjadi yang kedua kalinya setelah kebakaran hebat melanda pada akhir Juli hingga awal Agustus 2019 lalu. Bahkan akibat kebakaran ini BPBD terpaksa meningkatkan status darurat kebencanaan.

Pihak BPBD terpaksa meminta bantuan BNPB pusat untuk mengerahkan helikopter BNPB untuk pemadaman lewat udara atau disebut waterboombing.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini