nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Api di Gunung Semeru Belum Bisa Dipadamkan, 97 Hektare Lahan Hangus

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 16:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 01 519 2111550 api-di-gunung-semeru-belum-bisa-dipadamkan-97-hektare-lahan-hangus-Z4VwweohSV.jpg Kebakaran Gunung Semeru (Foto: Ist)

LUMAJANG - Api yang membakar kawasan hutan Gunung Semeru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) belum sepenuhnya bisa dipadamkan total.

Plt Humas Balai Besar TNBTS Achmad Arifin menyatakan dari sejumlah titik api hingga Selasa siang (1/10/2019) masih terdapat dua titik yang belum padam

"Hingga siang ini masih ada dua titik di Po'o Senthong dan Gunung Lanang yang belum berhasil dipadamkan," ujar Achmad Arifin, saat dihubungi Okezone, Selasa siang (1/10/2019).

Baca Juga: Hutan Gunung Semeru Terbakar, Petugas Larang Pendaki ke Puncak Mahameru

Menurutnya, sudah hampir 97,3 hektare area di Gunung Semeru yang terbakar hingga Selasa siang. Dari lokasi yang terbakar, kawasan Gunung Kepolo, Arcopodo, Kelik, Watupecah, Waturejeng, Ayek-ayek, Pusung Gendero, Ranu Kumbolo, Pangonan Cilik, Oro-Oro Ombo dan Watu Tulis, sudah berhasil dipadamkan petugas.

"Kalau titik - titik tersebut sudah berhasil dipadamkan. Tinggal dua titik tadi kami pastikan, semoga tidak ada titik baru lagi," ungkapnya.

Gunung Semeru Terbakar (Foto: Ist)

Guna memadamkan api petugas mengerahkan 412 personel gabungan dari sejumlah instansi, mulai dari petugas TNBTS, BPBD Lumajang, BPBD Provinsi Jawa Timur, kepolisian, TNI, Relawan, hingga masyarakat sekitar.

"Kita kerahkan 412 personel untuk pemadaman. Bahkan untuk memudahkan pemadaman, kita mulai pemadaman dengan melakukan salat istiqo' untuk meminta hujan kepada Tuhan," lanjutnya.

Baca Juga: Pendakian ke Gunung Semeru Ditutup Total Imbas Kebakaran di Ranu Kumbolo

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kawasan hutan Gunung Semeru terbakar sejak tanggal 19 September 2019. Kebakaran terjadi di dua Resort yakni Resort Senduro dan Resort Ranupani.

Di kawasan Resort PTN Senduro api tampak di sejumlah blok, yakni Blok Mentigi Renteng, Jantur, Ledok Bedor, dan Po'o yang masuk di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang. Sedangkan titik api kedua yang tampak di Blok Ngamprong kawasan Resort PTN Ranupani.

Akibat kebakaran ini Balai Besar TNBTS, selaku pengelola pendakian Gunung Semeru terpaksa menutup total akses pendakian sejak Minggu siang 22 September 2019. Petugas pun terpaksa mengevakuasi sejumlah pendaki yang telah berada di dalam kawasan Gunung Semeru demi keamanan dan keselamatan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini