nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uniknya Puskesmas di Banyuwangi Gelar Lomba Balita Kurang Gizi

Rabu 02 Oktober 2019 08:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 02 519 2111796 uniknya-puskesmas-di-banyuwangi-gelar-lomba-balita-kurang-gizi-gvDPkapk4i.JPG Balita penderita gizi buruk (Foto: Okezone)

BANYUWANGI - Ada-ada saja yang dilakukan sebuah puskesmas di Banyuwangi, Jawa Timur. Ya, mereka punya cara unik untuk mengedukasi dan menangani gizi buruk pada bayi dan balita. Puskesmas itu menggelar lomba balita kurang gizi untuk kategori anak usia di bawah lima tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Widji Lestariono mengungkapkan bahwa metode ini bagian dari inovasi puskesmas. Bila kebanyakan unit layanan kesehatan membuat kompetisi bayi sehat, pihaknya justru melombakan bayi kurang gizi.

"Tapi bukan yang paling kurang gizi yang menang," kata Rio, melansir dari laman iNews.id, Rabu (2/10/2019).

Ia menerangkan, para bayi dan balita tersebut awalnya diperiksa kondisi gizinya terlebih dulu dari indikator perkembangan tubuh mereka. Setelah itu, tim memberikan penanganan medis, dan membekali vitamin. Sedangkan orang tuanya mendapatkan edukasi.

Setelah satu bulan, Rio mengatakan, para orangtua membawa bayi atau balita mereka kembali ke puskesmas untuk diperiksa. Pemenangnya, bayi dan balita yang berat badannya naik signifikan.

"Berapa kilogram berat badannya naik sekarang, lalu dibandingkan sebelumnya. Yang paling banyak (naik), dia yang menang," ujarnya.

Inovasi ini diberi nama "Siramgizi". Sebanyak 45 puskesmas di Kabupaten Banyuwangi menerapkan program tersebut. Bukan hanya satu atau dua program saja, Rio menyebut, sedikitnya ada lima program yang menonjol dan sudah berjalan optimal di semua puskesmas.

Di antaranya, Laskar Sakina, Pujasera, Siramgizi, CHIP'S dan Teropong Jiwa. Kelimanya juga mendapat penghargaan Sinovik (Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

"Tapi banyak program inovasi kita yang lainnya," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini