nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hiu Tutul Tewas Terdampar di Perairan Laut Batang Kapas

Rus Akbar, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 01:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 07 340 2114064 hiu-tutul-tewas-terdampar-di-perairan-laut-batang-kapas-jeJrYatv3d.jpg Hiu tutul terdampar di Padang (foto: istimewa)

PADANG - Hiu tutul mati setelah nelayan mencoba mengevakuasi ke tengah laut di Perairan laut Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (7/10/2019).

Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pesisir Selatan, Andi Syafinal, Satwa pemakan plankton ini awalnya terjerat pukat nelayan sekitar pukul 13.00 WIB.

"Awalnya hiu tutul itu terdampar setelah terjerat pukat nelayan dan dibawa ke bibir pantai. Kemudian nelayan mencoba mengevakuasi ke tengah laut, namun kembali lagi terseret ke tepi pantai,” kata Andi saat dihubungi.

Setelah hiu tutul tersebut di tarik ke tengah laut, lalu hiu tersebut kembali terseret ke pantai, warga sudah mencoba mengevakuasinya namun karena ukurannya besar sementara alat evakuasi tidak memadai akhirnya hiu malang tersebut tewas.

 Ikan Hiu

“Ada sekitar 6 meter panjang hiu tutul tersebut, rencananya akan dikubur masyarakat di lokasi tersebut,” sambung Andi.

Mengenai penyebab matinya hiu tutul tersebut akibat pukat nelayan, kata Andi, bukan itu pukat nelayan itu kecil-kecil sementara hiu tersebut besar.

“Saya kira enggak juga karena pukat milik nelayan ini kecil-kecil,” ucapnya.

Sementara itu, Endah (24) warga yang berada di lokasi mengatakan, warga sudah berupaya mengevakuasi hiu tutul itu ke tengah laut dengan menggunakan tali. Tapi alat tidak cukup mengevakuasi hiu tersebut.

"Saya sejak pukul 16.00 WIB berada di lokasi. Kata masyarakat hiu ini sudah sejak pukul 12.00 WIB di bibir pantai, tapi enggak ada pihak terkait membantu melakukan evakuasi. Warga sudah berupaya menarik dengan tali, tapi ukurannya cukup besar. Hiu ini udah kelelahan, anak-anak juga banyak juga bermain dan menaiki hiu ini,” katanya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini