nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bursa Kerja di STP Bali Juga untuk Disabilitas, Terdapat 40.000 Lowongan

Senin 21 Oktober 2019 14:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 21 1 2119670 bursa-kerja-di-stp-bali-juga-untuk-disabilitas-terdapat-40-000-lowongan-bwemBijcIs.jpg Foto: Kemenpar

NUSA DUA – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali menggelar Pamaeran Bursa Kerja ke-12 di Aula Joop Ave kampus tersebut pada 17 dan 18 Oktober 2019. Kegiatan yang dibuka untuk umum itu dalam rangka memberikan dukungan untuk lulusan STP Bali, masyarakat umum, serta penyandang disabilitas.

“Di samping itu, untuk mendukung Undang-Undang No. 08 Tahun 2016 dengan menyediakan job vacancy bagi penyandang cacat,” ujar Plh Ketua STP Bali, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, A.Par., M.Par.

Menurut Ayu Dewi, penyandang disabilitas memiliki hak sama atas pekerjaan dan penghidupan di tengah-tengah masyarakat. Disabilitas dinilainya perlu memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keistimewaan masing masing.

“Dari tahun ke tahun STP Bali mengadakan bursa kerja dan menyediakan job vacancy bagi penyandang disabilitas. Akses masuk dan mendaftar untuk penyandang disabilitas diistimewakan. Penyandang disabilitas akan dituntun oleh panitia sehingga mereka dapat mengunjungi stand-stand yang ada hingga selesai,” katanya.

Pameran Bursa Kerja ke-12 ini dipegang kepanitiaannya oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Konvensi dan Perhelatan (MKH). Pameran diikuti 30 peserta/eksibitor berskala lokal, nasional, dan internasional yang melakoni berbagai macam bidang bisnis. Di antaranya jasa transportasi wisata, kuliner, jasa penyedia akomodasi, penyelengaraan pertemuan perjalanan incentive, converence dan pameran. Ada juga dari jasa kawasan wisata, usaha daya tarik wisata, jasa informasi pariwisata, jasa pramuwisata, dan wisata tirtha dan airlines.

Tema yang diusung pada tahun gelaran tahun ini adalah “The Greatness Tourism Job Fair 2019” dengan konsep “Indonesia menuju era 4.0”. Jumlah lowongan yang ditawarkan pun tak tanggung-tanggung mencapai 40.000 dengan rincian, karyawan tetap, kontrak, daily worker, aprentice dan program internship/training.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, kegiatan ini diharapkan menjadi sarana untuk merekrut orang–orang yang berkualitas.

“Orang-orang yang bisa meningkatkan pariwisata. Para pencari kerja juga diharapkan akan menciptakan dan menentukan sendiri masa depan yang mereka inginkan dalam bidang karir,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahyya memberikan acungan jempol kepada STP Bali atas penyelenggaraan tersebut. “Tidak perlu ragu lagi berkuliah di STP Bali. Karena kualitas mahasiswa diperhatikan. Bahkan lapangan pekerjaan juga dicarikan. Ada 4000 slot lowongan. Ini luar biasa. Mahasiswa bisa fokus pada pendidikan. Karena lapangan kerja sudah menunggu lulusan STP Bali,” papar menteri asal Banyuwangi itu. (adv)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini