Mercusuar Seberat 720 Ton di Denmark "Digeser" untuk Hindari Erosi

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 24 Oktober 2019 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 23 18 2120790 mercusuar-seberat-720-ton-di-denmark-digeser-untuk-hindari-erosi-LOWoNicbwL.jpg Foto udara pemindahan Mercusuar Rubjerg Knude. (Foto: BBC)

SELAMA 120 tahun, Mercusuar Rubjerg Knude telah berdiri di atas gundukan pasir di pantai utara Denmark, tetapi erosi pantai dari angin Laut Utara membuat bangunan itu terancam jatuh ke laut. Sekarang bangunan seberat 720 ton itu telah diselamatkan, melalui sebuah operasi untuk mengangkat dan memindahkannya sejauh 70m ke daratan.

Dalam sebuah operasi yang dikerjakan oleh perusahaan teknik lokal, balok-balok besar di masukkan ke bagian dasar mercusuar, yang kemudian diangkat ke atas sebuah rel paralel dan memindahkannya menjauh dari laut. Menurut Kjeld Petersen, dengan seorang pembangun lokal, operasi yang membutuhkan perencanaan dan persiapan selama 10 pekan itu Mercusuar Rubjerg Knude dapat dipindahkan hanya dalam waktu beberapa jam saja.

"Kami tidak bisa berjalan lebih cepat dari 12m per jam karena mereka perlu mengkalibrasi hidrolik. Ini di pasir dan Anda perlu memastikan itu berjalan dengan baik di dua rel," jelas pejabat otoritas setempat, Mette Ring sebagaimana dilansir BBC.

Para insinyur mengasumsikan mercusuar itu beratnya mencapai 1.000 ton tetapi ternyata ketika mereka mengangkatnya pada Selasa diketahui bahwa bangunan itu hanya memiliki bobot 720 ton dan karenanya sedikit lebih mudah untuk dipindahkan.

Rubjerg Knude adalah lokasi wisata populer, yang menarik sekira 250.000 orang per tahun ke bukit pasir di Pulau Jutland Utara.

"(Mercusuar) itu di tengah-tengah gundukan pasir raksasa dan Anda bisa melihatnya di malam hari. Berangin dan kasar dan Anda benar-benar dapat merasakan unsur-unsur di sini," kata Ring.

Ketika erosi mempengaruhi sebuah gereja di sepanjang pantai, penduduk menyadari bahwa mereka harus membongkar bangunan daripada membiarkannya jatuh ke laut.

Laut Utara juga memakan tebing tempat mercusuar itu berdiri, hingga hanya beberapa meter dari tepi. Dengan hanya satu atau dua tahun tersisa sebelum mercusuar setinggi 23m menghadapi nasib yang sama, pendekatan lain digunakan.

Otoritas lokal, dengan dana pemerintah sebesar 5 juta Kroner Denmark (sekira Rp7,6 miliar), memutuskan untuk memindahkan mercusuar itu sejauh 70 meter ke bagian dalam daratan, untuk menunda dampak erosi pantai terhadap bangunan bersejarah tersebut selama 40 tahun.

Awalnya, mercusuar itu berdiri 200 meter dari laut, tetapi erosi telah mengurangi pantai itu sebanyak 2 meter per tahun. Area di sekitar mercusuar sekarang akan diisi dengan semen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini