nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Mentawai Dikejutkan Lumba-Lumba Masuk Sungai

Rus Akbar, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 09:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 28 340 2122497 warga-mentawai-dikejutkan-lumba-lumba-masuk-sungai-B2GVGbjR84.JPG Lumba-lumba dalam keadaan mati ditemukan di salah satu sungai di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Foto: Okezone.com/Rus Akbar)

MENTAWAI - Warga Puro, Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pagi tadi dikejutkan oleh penemuan lumba-lumba yang mengambang di Sungai Puro dekat jembatan penghubung Dusun Puro dan Dusun Tiop.

Elisabet (30) warga setempat mengungkapkan, penemuan mamalia laut itu terjadi sekira pukul 06.00 WIB. Warga pun heran karena baru kali ini mereka melihat lumba-lumba masuk ke sungai.

"Awal penemuan ini ada warga yang hendak ke ladang dan melewati sungai setelah itu melihat lumba-lumba ini dalam keadaan terluka badannya sudah robek bagian kiri dan berdarah sehingga tidak kuat lagi untuk bergerak dan lumba-lumba ini mengapung begitu saja," kata Elisabeth, Senin (28/10/2019)

Lantaran terombang-ambing di tengah sungai, lumba-lumba itu akhirnya ditarik ke pinggir, namun sayang setelah diperiksa ternyata lumba-lumba tersebut sudah mati.

"Memang lumba lumba ini tidak terlalu besar, mungkin ini anaknya kita tidak tahu mengapa lumba-lumba ini tersesat hingga masuk ke sungai karena ini kejadian pertama kali menurut kami ini sangat aneh atas masuknya hewan yang dilihat ini," tuturnya.

Bangkai Lumba-lumba di Mentawai

Untuk diketahui, Sungai Puro bermuara di Muara Siberut berjarak satu mil lebih. Sungai itu juga terhubung dengan Terusan Monachi antara Puro dan Desa Katurei, Siberut Barat Barat Daya. Sehingga wajar jika air sungai tersebut rasanya asin.

“Setelah warga tahu ternyata itu bisa dikonsumsi maka ada beberapa warga mengangkatnya ke darat kembali untuk dipotong bersama dan dibagikan kepada warga siapa saja yang datang melihat,” ujar Elisabeth.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini