nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ISIS Kehilangan Rp350 Miliar yang Dikubur Pimpinannya di Gurun Irak

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 11:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 29 18 2123003 isis-kehilangan-rp350-miliar-yang-dikubur-pimpinannya-di-gurun-irak-hR05jZ8zCj.jpg Foto: AFP.

BAGHDAD - Salah satu orang terdekat mantan Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi mengungkapkan bahwa kelompok teroris itu menguburkan USD25 juta (sekira Rp350 miliar) di gurun Irak yang kemudian ditemukan oleh para gembala.

Mohammed Ali Sajet, yang memiliki hubungan keluarga dengan Al-Baghdadi melalui pernikahan dan telah menjadi anggota ISIS sejak 2015, ditangkap oleh pejabat Irak dua bulan lalu di dekat Baghdad. Dia dikatakan telah memberi tahu pemerintah Irak tentang kemungkinan lokasi Al-Baghdadi di Suriah dan juga memberikan rincian tentang seorang kurir yang bekerja untuk pemimpin ISIS itu.

BACA JUGA: Pemimpin ISIS Abu Bakar al Baghdadi Tewas Berkat Informasi Bawahan

Dalam sebuah wawancara dengan media Arab Saudi, Al Arabiya pada Minggu, Sajet, yang saat ini ditahan di Irak, mengatakan bahwa para pemimpin ISIS, termasuk dirinya sendiri, akan mengubur dolar, emas, dan perak di padang pasir.

Dia mengklaim bahwa USD25 juta hilang di Gurun Al-Anbar dan kemudian ditemukan oleh para gembala.

Abu Bakr al-Baghdadi. (Reuters)

Dalam wawancara itu, Sajet juga menggambarkan salah satu tempat persembunyian Baghdadi, yang dia gambarkan sebagai sebuah bunker bawah tanah yang dipenuhi dengan teks-teks agama.

“Dia berada di terowongan bawah tanah sepanjang 8 meter dengan lebar 5 hingga 6 meter. Itu memiliki perpustakaan, buku-buku agama dan Quran dan semacamnya,” kata Sajet sebagaimana dilansir Daily Mail.

"(Bunker) Itu memiliki lampu dan berbagai hal sehingga situasi persembunyiannya bagus."

Tidak jelas apakah lokasi yang digambarkan Sajet merupakan bagian dari kompleks yang sama di mana Baghdadi ditemukan pada Sabtu. Seorang pejabat pemerintah Irak mengatakan kepada CNN bahwa Sajet juga telah memberikan informasi tentang kurir yang bekerja untuk Baghdadi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Abu Bakr al Baghdadi tewas dengan meledakkan rompi bunuh diri setelah melarikan diri dari kejaran pasukan khusus Amerika Serikat (AS). Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley mengatakan bahwa jenazah Al Baghdadi telah dibuang ke laut setelah ditangani secara "tepat, sesuai dengan (prosedur operasi standar) kami dan sesuai dengan hukum konflik bersenjata".

BACA JUGA: Pentagon: Jenazah Abu Bakr Al Baghdadi Dibuang Setelah Dikonfirmasi Identitasnya

Beberapa pejabat AS mengatakan bahwa jenazah pimpinan ISIS itu telah diberikan ritual keagamaan sesuai dengan aturan Islam sebelum dikirimkan ke laut menggunakan pesawat.

Pentagon juga mengonfirmasi bahwa mereka telah menahan dua orang dalam serangan ke persembunyian Al Baghdadi, namun tidak mengungkap informasi intelijen yang didapatkan dari lokasi itu.

Pada Senin, AS mengonfirmasi tewasnya Abu al-Hassan al-Muhajir, juru bicara ISIS dan tokoh berpangkat tinggi dalam kelompok itu, dalam operasi terpisah.

Pentagon: Jenazah Abu Bakr Al Baghdadi Dibuang Setelah Dikonfirmasi Identitasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini