nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Desa Fiktif Ditemukan di Konawe, Terima Dana Desa sejak 2015

Rabu 06 November 2019 10:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 06 340 2126310 desa-fiktif-ditemukan-di-konawe-terima-dana-desa-sejak-2015-sAik5fmQns.JPG Desa Uepai, Kecamatan Uepat, Kabupaten Konawe dianggap fiktif padahal terima dana desa sejak 2015 (Foto: iNews.id)

KONAWE – Pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pada Senin 5 November 2019 yang menyebut bahwa dirinya menerima laporan munculnya desa-desa baru yang tak berpenduduk nyatanya terbukti.

Satuan Tugas (Satgas) Kementerian Desa menemukan desa 'siluman' alias palsu di Kecamatan Uepai dan Lambuya, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Ironisnya, desa ini telah menerima bantuan dana desa sejak tahun 2015. Fenomena ini muncul di tengah derasnya anggaran dana desa dari APBN.

Salah satu desa yang dinilai fiktif yakni Desa Uepai, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe. Menurut Camat Uepai, Jasman, Desa Uepai ada sebelum menjadi Desa Tanggondipo.

Nama Desa Uepai ini diusulkan ke pemerintah pusat untuk didaftarkan nomor registrasinya. Sambil menunggu proses keputusan, wilayah ini mengalami pemekaran dan muncul Desa Tanggondipo. “Jadi Uepai ini memakai wilayah Tanggondipo,” kata Jasman, dilansir dari iNews.id, Selasa 5 November 2019.

Seiring berjalannya waktu, Desa Tanggondipo juga mendapat nomor registrasi dari pusat. Terkait dana desa, Jasman mengatakan Desa Uepai tidak fiktif, hanya peralihan nama. “Pencairan dana desa, waktu masih pakai nama Uepai memang cair,” kata Jasman.

Dia mengatakan, polisi dari Polda Sultra juga sudah turun ke lapangan untuk mengecek secara langsung.

Satgas Kementerian Desa juga menemukan desa fiktif lain yakni Desa Ulu Meraka, Kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe. Menurut Camat Lambuya, Jasmin, Desa Ulu Meraka tidak ada di wilayahnya.

“Saya pernah dengar tapi sejak bekerja di sini bulan Maret, saya tidak temukan desa tersebut, tidak ada pemerintahnya, dan tidak ada warga,” kata Jasman.

Menurutnya, Desa Ulu Meraka ada di wilayah kecamatan sebelah yakni Onembute, Kabupaten Konawe, Sultra.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini