nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belasan Rumah Warga Boyolali Rusak Diterjang Puting Beliung

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 01:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 21 512 2132953 belasan-rumah-warga-boyolali-rusak-diterjang-puting-beliung-SUPa1A2ysd.JPG Terjangan angin puting beliung rusak belasan rumah warga Boyolali, Jawa Tengah (Foto: Okezone.com/Bramantyo)

BOYOLALI - Angin puting beliung menerjang sejumlah rumah di wilayah Desa Manggung, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Dua diantaranya rusak parah dan 10 rumah lainnya rusak ringan. Dari jumlah rumah yang diterjang puting beliung, salah satunya rumah milik Jimin (50) yang kebetulan warga berkebutuhan khusus.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Bambang Sinungharjo, mengatakan kejadian puting beliung itu terjadi sekira pukul 16.00 WIB saat hujan turun cukup deras. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Dua rumah rusak berat dan 10 rumah rusak ringan. Kejadian ini terjadi bersamaan dengan turun hujan," ucap Bambang kepada Okezone, Kamis 21/11/2019).

Menurut Bambang, terjangan puting beliung di Desa Manggung ini merupakan pertama kalinya terjadi. Pasalnya, Desa Manggung bukanlah "rute" angin puting beliung.

"Ini terjadi karena faktor pancaroba saja. Karena Desa Manggung ini bukan 'perlintasan' yang biasa dilalui puting beliung," terangnya.

Langkah cepat, ungkap Bambang telah diambil salah satunya dengan menerjunkan tim reaksi cepat ke lokasi bencana. Selain untuk mendata jumlah pasti kerusakan akibat bencana tersebut, pihaknya juga membantu warga membersihkan bangunan yang rusak berat dan ringan akibat sapuan angin ribut.

Menurut data yang dihimpun, dua rumah di Dukuh Karangsono RT 03/RW 04 milik Samino, (75), dihuni dua orang dan Suyono (45) yang ditempati dua orang rusak. Sedagnakn satu rumah di dukuh Manggung RT 07/RW 05 Jimin (50) warga berkebutuhan rusak ringan.

"Selanjutnya warga yang rumahnya rusak akan mendapatkan bantuan. Sesuai SK Bupati, untuk rumah rusak berat mendapatkan bantuan sebesar Rp5 juta. Sedangkan rusak ringan mendapatkan bantuan sebesar Rp2,5 juta," pungkas Bambang.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini