Menag: PNS Kalau Pakai Cadar Senyumnya Tidak Kelihatan!

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 21 November 2019 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 21 519 2132690 menag-pns-kalau-pakai-cadar-senyumnya-tidak-kelihatan-2zqKG5NTHM.jpg Menag Fachrul Razi di Universitas UIN Maliki Malang, Jawa Timur (foto: Okezone/Avirista Midaada)

KOTA MALANG - Penggunaan cadar dan celaan cingkrang disebut oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi tak ada kaitannya dengan ketakwaan seseorang kepada Tuhan.

Oleh karena itu menurut Razi pelarangan penggunaan kedua pakaian tersebut kepada Apartur Sipil Negara (ASN) disebut tidak menyalahi aturan agama.

Baca Juga: Wacana Larangan Cadar, Mendagri Tito Bakal Bicara dengan Menag Fachrul Razi 

Hal ini disampaikannya saat kuliah tamu di Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang, dengan tema 'Meneguhkan nilai-nilai keagamaan dan nasionalisme untuk dalam menangkal radikalisme menuju Indonesia Maju'

"Cadar tidak ada kaitannya dengan ketakwaan, kalau melarang silakan. Celana cingkrang (juga) tidak ada kaitannya dengan ketakwaan. Dilarang tidak, tapi kan tidak rapi dan pas dilihat," ungkap Fachrul Razi, Kamis (21/11/2019).

Menag Fachrul Razi di UIN Maliki Malang, Jatim (foto: Okezone/Avirista Midaada)	 

Menurutnya, imbauan pelarangan kedua pakaian tersebut bagi ASN karena ada tujuannya yang jelas dan dapat menegakkan disiplin.

"Sepantasnya seorang PNS yang melayani masyarakat seharusnya bisa terlihat karena kalau tidak pakai cadar ya senyumnya tidak kelihatan. Saya tidak melarang itu, tapi tidak pas saja," lanjutnya.

Fachrul bahkan berkelakar ia juga sering menggunakan celana cingkrang tapi tidak di kantor, melainkan saat di rumah atau ke masjid.

Baca Juga: Menag Bantah Larang Penggunaan Cadar di Instansi Pemerintah 

"Saya sering pakai celana cingkrang di rumah dan masjid. Saya pakai itu supaya tidak jatuh nanti kalau naik tangganya. Kan bisa nyaman kalau pakai itu," ucapnya disambut senyuman civitas akademi.

Sebagaimana santer diberitakan, Menag Fachrul Razi disebut mewacanakan pelarangan penggunaan cadar maupun celana cingkrang bagi para ASN. Disinyalir penggunaan kedua pakaian itu identik dengan paham radikal yang dianut sejumlah orang.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini