Mesin Terbakar, Boeing 777 Philippine Airlines Mendarat Darurat di Los Angeles

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 22 November 2019 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 22 18 2133058 mesin-terbakar-boeing-777-philippine-airlines-mendarat-darurat-di-los-angeles-fIlOJth5Au.jpg Saksi mata mengatakan melihat kobaran api keluar dari salah satu mesin pesawat. (Foto: Twitter/Krisankarlo)

LOS ANGELES - Penerbangan Philippine Airlines yang menuju Manila mengalami kerusakan mesin pada Kamis tak lama setelah lepas landas dari Los Angeles dan melakukan pendaratan darurat. Juru bicara maskapai mengatakan bahwa 347 penumpang dan 18 awak yang berada di dalam pesawat Boeing 777 penerbangan 113 itu dalam keadaan selamat.

Pilot penerbangan 113 menyatakan keadaan darurat dan melaporkan kemungkinan kerusakan mesin pada 777, Bandara Internasional Los Angeles mengatakan. Seorang saksi di tanah menggambarkan "semburan api" keluar dari sebuah mesin.

Berdasarkan keterangan Bandara Internasional Los Angeles, pilot penerbangan 113 mengumumkan keadaan darurat dan melaporkan bahwa kemungkinan telah terjadi kerusakan mesin pada 777. Seorang saksi di darat menggambarkan munculnya "semburan api" yang keluar dari salah satu mesin.

Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa pesawat itu kembali dan mendarat tanpa insiden. Stasiun televisi ABC-7 di Los Angeles menayangkan video pesawat setelah lepas landas yang menunjukkan api dan asap keluar dari mesin sebelah kanan.

Pesawat mendarat sekira pukul 12 malam. waktu setempat dan disambut oleh Pemadam Kebakaran Los Angeles. Sampai berita ini diturunkan belum ada dampak dari insiden ini terhadap penerbangan lain.

Meski penyebab kerusakan mesin masih belum jelas, insiden ini terjadi di saat Boeing menghadapi pengawasan ketat terkait dua kecelakaan mematikan yang melibatkan pesawat 737 MAX-nya. Pesawat 737 MAX telah dilarang terbang di seluruh dunia sejak Maret.

"Anda melihat semburan api, nyala api kecil keluar dari mesin," kata Andrew Ames, seorang profesional kebugaran berusia 36 tahun di Los Angeles, yang menyaksikan 777 naik ke atas lautan setelah lepas landas. "Itu hampir tampak seperti semburan api dari sepeda motor atau mobil."

"Saya belum pernah melihat pesawat memuntahkan api berulang kali. Lalu berhenti. Begitu (semburan api) berhenti, saya melihat berbelok ke kiri, seperti sedang menuju kembali ke bandara," kata Ames sebagaimana dilansir Reuters.

Juru bicara Philippine Airlines mengatakan, awak pesawat memperhatikan asap di mesin kedua pesawat dan mengumukan pendaratan darurat dan kembali dengan selamat ke bandara.

"Semua penumpang aman dan sehat," kata juru bicara Cielo Villaluna. "Mereka semua dibantu menggunakan penerbangan lain."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini