Puluhan Bakal Cakada Ikuti Fit and Proper Test di Perindo Bengkulu

Demon Fajri, Okezone · Jum'at 29 November 2019 23:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 29 340 2136173 puluhan-bakal-cakada-ikuti-fit-and-proper-test-di-perindo-bengkulu-VSZg8lb4xF.jpg Salah Satu Bakal Calon Kepala Daerah Bengkulu Mengikuti Fit and Propertest di DPW Partai Perindo Bengkulu (foto: Okezone/Demon Fajri)

BENGKULU - Tim seleksi (Timsel) bakal calon kepala daerah (cakada), dewan pimpinan wilayah (DPW) Partai Perindo Provinsi Bengkulu, menggelar penyeleksian cakada di provinsi berjuluk ''Bumi Rafflesia''. Baik gubernur maupun bupati.

Di mana 40 balon cakada mengikuti tahapan fit and proper test. Puluhan balon itu sebelumnya telah mengembalikan berkas formulir ke DPW partai Perindo dan dewan pimpinan daerah (DPD) partai Perindo yang tersebar di daerah ini.

Baca Juga: Pilkada 2020, Pasangan Petahana Tobasa Ikut Uji Kelayakan Partai Perindo 

Puluhan bakal Cakada itu 9 cakada gubernur dan 31 cakada bupati didelapan kabupaten di Bengkulu. Di mana mereka mengikuti fit and proper test di DPW partai Perindo.

Untuk cakada gubernur fit and proper test, terhitung sejak Senin 25 November hingga Sabtu 30 November 2019. Sementara cakada bupati terjadwal pada Senin 2 Desember hingga Minggu 15 Desember 2019.

Sembilan bakal cakada gubernur yang mengikuti fit and proper test itu berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari gubernur Bengkulu, bupati, mantan bupati, mantan gubernur, politisi hingga mantan KPU Sumatera Selatan.

Ilustrasi (foto: Shutterstock) 

Bakal cakada gubernur itu atas nama Rio Patrice Capella, Rosjonsyah, Ahmad Hijazi, Rohidin Mersyah, Agusrin M. Najamudin, Alpian Toni, Leni Haryati John Latief, Dadang Mishal dan Imron Rosyadi.

Sementara bakal cakada bupati yang mengikuti KPU fit and proper test sebanyak 31 kandidat. Rinciannya, kabupaten Rejang Lebong sebanyak 6 balon, Lebong 4 kandidat, Mukomuko 6 balon, kabupaten Seluma 4 balon.

Lalu, kabupaten Kepahiang 5 balon, Bengkulu Selatan 2 balon, Kaur 3 balon dan kabupaten Bengkulu Utara 1 balon. Dengan total secara keseluruhan bakal cakada bupati sebanyak 31 kandidat.

Sekretaris DPW Perindo Provinsi Bengkulu, Ismail Saleh mengatakan, tahapan penjaringan bakal cakada gubernur dan bupati di DPW partai Perindo Bengkulu sudah memasuki tahapan tahapan fit and proper test.

Secara keseluruhan bakal cakada gubernur dan bupati akan mengikuti proses fit and proper test. Namun, kata Ismail, bakal cakada bupati diempat kabupaten mengikuti fit and proper test di DPD Perindo. Seperti kabupaten Kepahiang, Bengkulu Selatan, Kaur dan kabupaten Bengkulu Utara.

Sementara bakal cakada bupati diempat kabupaten lainnya mengikuti fit and proper test di DPW Perindo. Di mana empat daerah tersebut memiliki lebih dari dua kursi. empat daerah itu kabupaten Rejang Lebong, Lebong, Mukomuko dan kabupaten Seluma.

Meskipun tahapan empat daerah melakukan tahapan fit and proper test di DPD Perindo, timsel cakada bupati masing-masing DPD tetap memberikan laporan hasil ke DPW Perindo.

''yang mengikuti fit and proper test bakal cakada gubernur dan bupati merupakan kandidat yang telah mengikuti proses sebelumnya, pengembalian berkas formulir. Begitu juga fit and proper test di tingkat DPD Perindo,'' kata Ismail, Jumat (29/11/2019).

Ditambahkan Sekretaris tim seleksi (Timsel) penjaringan balon gubernur dan wakil gubernur, DPW partai Perindo provinsi Bengkulu, Eko Febrinaldo, setelah bakal cakada mengikuti fit and proper test, timsel akan menggelar pleno.

Di mana timsel, kata Eko, akan memberikan catatan pertimbangan perlaksanaan fit and proper test terhadap bakal cakada gubernur dan bupati ke DPW partai Perindo. Pertimbangan itu meliputi koalisi partai politik dari kandidat.

Kemudian, pasangan calon, kepastian rekomendasi dari partai politik, hasil survey bakal cakada, kemampuan untuk menang serta pertimbangan lainnya. Selanjutnya, lanjut Eko, hasil catatan dibahas dalam rapat pleno DPW Perindo.

Hal tersebut untuk memutuskan bakal cakada gubernur dan bupati yang akan direkomendasikan ke dewan pimpinan pusat (DPP) Perindo. Rekomendasi nama kandidat itu, terang Eko, bisa satu nama, dua nama bahkan tiga nama.

''Rekomendasi ke DPP Perindo tergantung hasil pleno DPW Perindo Bengkulu. Bisa satu nama, dua nama atau bisa juga tiga nama. Rekomendasi ke DPP akan disampaikan pertengahan Desember 2019,'' jelas Eko.

Baca Juga: Tito Wacanakan Pilkada Asimetris, Pengamat: Perlu Pendalaman Melalui Riset 

Saat ini, lanjut Eko, sebanyak 3 bakal cakada gubernur Bengkulu telah mengikuti fit and proper test di DPW Perindo. Sementara, 6 kandidat lainya akan mengikuti fit and proper test sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

''Setelah fit and proper test bakal cakada gubernur akan dilanjutkan fit and proper test bakal cakada bupati,'' demikian Eko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini