nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tunisia Didesak Pecat Menterinya yang Dorong Normalisasi Hubungan dengan Israel

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 09:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 02 18 2137071 tunisia-didesak-pecat-menterinya-yang-dorong-normalisasi-hubungan-dengan-israel-gnf9WJZoIx.jpg Demonstran di Tunisia membakar poster bergambar bendera Amerika Serikat dan Israel dalam demonstrasi di Tunis, 8 Desember 2017. (Foto: AFP)

TUNIS - Politisi, jurnalis, dan aktivis Tunisia meminta agar Menteri Pariwisata negara itu, Roni Trabelsi, dipecat setelah ia dituduh berusaha menormalisasi hubungan antara Tunisia dengan Israel.

Seruan-seruan ini datang setelah seruannya untuk memberikan dokumen perjalanan bagi para peziarah Yahudi dari Israel yang berasal dari Tunisia, yang menyebabkan kontroversi di antara penduduk setempat.

Berbicara kepada kantor berita Jerman, Trabelsi mengatakan bahwa 90 persen peziarah Yahudi dari Israel yang mengunjungi Tunis berasal dari Tunisia dan mereka memiliki hak untuk kembali ke negara mereka dan memiliki akses masuk yang difasilitasi.

"Pernyataan ini memasukkan seruan eksplisit untuk menormalisasi hubungan dengan mereka yang disebut oleh si menteri sebagai orang Israel asal Tunisia," kata Analis Politik Lahbib Boujeela sebagaimana dilansir Middle East Monitor, Selasa (2/12/2019).

ÔÇťOrang Israel asal Tunisia telah melakukan pelanggaran hukum dengan pindah ke negara pendudukan dan tinggal di sana. Mereka pergi secara sukarela dan menggunakan afiliasi agama mereka untuk menjadi pemukim dan penjajah," tambahnya.

Dia mengatakan bahwa pernyataan Trabelsi tersebut "melemahkan kedaulatan Tunisia" karena Tunis sejalan mengenai masalah Palestina yang merupakan masalah negara-negara Arab.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini