nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bentrok Antardesa di Tanah Datar Sumbar, 3 Terluka

Rus Akbar, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 00:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 05 340 2138534 bentrok-antardesa-di-tanah-datar-sumbar-3-terluka-4kZam6nDUW.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

TANAH DATAR – Warga dari dua nagari (desa) di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, bentrok. Bentrok terjadi antara warga Nagari Bungo Tanjuang, Kecamatan Batipuh dengan warga Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan. Akibat kejadian ini, tiga terluka.

Menerima laporan bentrok, polisi langsung turun ke lokasi untuk menenangkan massa dari dua kelompok. Kedua warga desa bentrok diduga karena persoalan batas wilayah.

"Beberapa personel dari Polres Panjang yang menjadi wilayah wewenang wilayah hukum telah dikerahkan. Bentrokan karena masalah tapal batas wilayah, tadi ada kesepakatan yang berlangsung di kantor camat. Bentrokan ini bisa pakai senjata,” ujar Kapolsek Batipuah, Iptu Sayuti Kamis (5/12/2019).

Kapolres Padang Panjang, AKBP Sugeng Hariyadi, diketahui juga turun langsung untuk meredam bentrokan. Ia membenarkan adanya ketiga orang terluka sehingga dilarikan ke RSUD Padang Panjang.

ilustrasi (Dok Okezone)

"Memang ada tiga korban luka-luka sudah dibawa ke RSUD Padang Panjang. Luka dari bentrokan itu, ada memar dan gores atau tusukan masih diidentifikasi anggota," ujarnya, Kamis (5/12/2019).

Sugeng menjelaskan kronologi sebelum terjadinya bentrok diduga karena persoalan tapal batas. Sebelumnya, diadakan rapat untuk membuat kesepakatan tapal batas wilayah yang diikuti beberapa desa pada Kamis, 5 Desember 2019 pagi.

Baca Juga : Bentrok Antar-Pemuda di Sultra, 1 Orang Tewas dan 25 Rumah Hangus Dibakar

"Tadi pagi sudah ada kesepakatan, antara Nagari Sumpur, Malalo, Padang Laweh. Tapi, secara sepihak Bungo Tanjuang memasang tapal batasnya di Sumpur sehingga warga diprotes," katanya.

Sampai malam ini puluhan personel dari Polres Padang Panjang yang berwenang dalam wilayah hukum telah diturunkan ke lokasi untuk mengamankan warga.

Baca Juga : Pelaku Penikaman yang Memicu Bentrok Antar-Pemuda di Sultra Ditangkap

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini