nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kawanan Ular Kobra Gegerkan Warga Kampung Padat Penduduk di Jember

Minggu 08 Desember 2019 11:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 08 519 2139305 kawanan-ular-kobra-gegerkan-warga-kampung-padat-penduduk-di-jember-l9wiPywmEN.jpg Ilustrasi ular kobra. (Foto: Shutterstock)

JEMBER – Teror ular kobra menghantui warga Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jika sebelumnya ular berbisa itu banyak ditemukan di perumahan, saat ini bermunculan di kawasan perkampungan padat penduduk.

Salah satunya di perkampungan di Jalan Jaya Negara, Kecamatan Kaliwates, Jember. Dalam beberapa hari terakhir, warga setempat dihebohkan munculnya kawanan ular kobra, bahkan masuk ke rumah-rumah warga. Kemunculan ular kobra ini usai turunnya hujan.

Baca juga: Puluhan Telur Ular Kobra Ditemukan Dekat Pemukiman Warga Cibinong 

Warga yang cemas langsung menghubungi petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Jember. Atas laporan warga, tim segera melakukan penyisiran.

Benar saja, petugas menemukan seekor ular kobra yang bersembunyi di balik tumpukan perkakas tidak terpakai milik warga. Ular kobra anakan berukuran 30 sentimeter itu langsung dievakuasi agar tidak membahayakan warga. Petugas juga menemukan satu anak ular kobra lainnya di lokasi yang sama.

Baca juga: Warga Gunungkidul Diresahkan Munculnya Puluhan Anak Ular Kobra 

Menurut warga, sejak lima hari terakhir, tidak kurang sudah 15 ular kobra dengan berbagai ukuran ditangkap warga. Tidak hanya di lorong gang, kawanan ular kobra juga ditemukan masuk ke kamar warga.

"Sudah ada 15 ular kobra yang ditangkap di sini. Yang masuk rumah ada 6, tapi kecil-kecil," kata warga setempat bernama Tika, Sabtu 7 Desember 2019, seperti dinukil dari iNews.id.

Meski sejauh ini tidak ada korban tergigit, teror kawanan ular kobra yang masuk ke rumah-rumah cukup meresahkan warga, terlebih bagi mereka yang memiliki anak kecil.

"Kami kan takut, karena banyak anak kecil di sini. Apalagi saya punya dua anak kecil, takutnya digigit," kata Tika.

Baca juga: 4 Kasus Kematian Akibat Gigitan Ular, dari King Kobra hingga Death Adder 

Belum diketahui pasti asal kemunculan belasan ular kobra tersebut. Namun diduga kawanan ular kobra itu bersarang di dalam selokan air warga yang langsung menuju ke sungai.

Petugas Damkar akhirnya membongkar selokan air tersebut lantaran diduga menjadi lokasi kawanan ular kobra bersarang.

Fenomena kemunculan ular kobra ini diduga berkaitan dengan perubahan cuaca yang bertepatan dengan musim kawin binatang itu. Akibatnya, hewan melata tersebut masuk ke permukiman warga.

Baca juga: Pemuda di Depok Tewas Dipatuk King Kobra Peliharaannya Sendiri 

Salah satu petugas Damkar Jember, Dwi Atmoko, mengimbau warga merapikan barang-barang bekas yang tidak terpakai. Kemudian membersihkan saluran air agar tidak menjadi sarang kawanan ular.

"Untuk antisipasi, kami imbau warga membersihkan lorong, rapikan, kalau bisa sering ada kerja bakti lah," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini