nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengiriman Ganja Lewat Kantor Pos Kolaka Digagalkan Tim Bea Cukai dan Polisi

Rabu 11 Desember 2019 23:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 11 1 2140873 pengiriman-ganja-lewat-kantor-pos-kolaka-digagalkan-tim-bea-cukai-dan-polisi-LJbuLnbFHl.jpg Foto: Dirjen Bea Cukai

KOLAKA – Penggagalan pengiriman 1.000 gram ganja dari Medan ke Balikpapan dengan modus false packaging pada November 2019, rupanya tak berhenti sama di situ. Tim Bea Cukai Kalbagtim bersama Polda Kalimantan Timur melakukan koordinasi dengan Bea Cukai Sulbagsel dan polisi setempat, karena ditengarai ganja juga dikirim ke wilayah Sulawesi Selatan.

Upaya koordinasi tersebut berbuah hasil. Petugas menggagalkan pengiriman ganja di Kantor Pos Kolaka. Barang buktinya sekitar 1,1 kilogram ganja.

“Paket tersebut dikirim melalui jasa pengiriman PT Pos Indonesia dari pengirim DOY MDN2ND Kota Medan, dengan tujuan atas nama penerima berinisial NA di Kecamatan Latambaga Kolaka,” ungkap Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Parjiya.

Selanjutnya, masih menurut Parjiya, dibentuk tim interdiksi gabungan untuk melaksanakan pemeriksaan bersama atas barang kiriman tersebut. Hasilnya positif narkotika jenis ganja. Barang tersebut pun diserahterimakan ke Satuan Narkoba Polres Kolaka untuk dilakukan control delivery.

“Joint inter agency antara Bea Cukai dengan penegak hukum lainnya memang menjadi salah satu langkah efektif dalam rangka membuka dan memutuskan jaringan kejahatan peredaran gelap narkotika. Termasuk di dalamnya kegiatan inteligence fusion, yaitu penyebaran dan penyatuan data dan informasi intelijen mengenai peredaran gelap narkotika dan joint enforcement yaitu penindakan bersama. Diharapkan ancaman dan tantangan perkembangan kejahatan peredaran gelap narkotika di Indonesia dapat kami tangani dengan baik,” pungkasnya. (adv)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini