nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korban Banjir Bandang Solok Selatan Krisis Air Bersih, Warga Manfaatkan Air Hujan

Minggu 15 Desember 2019 15:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 15 340 2142127 korban-banjir-bandang-solok-selatan-krisis-air-bersih-warga-manfaatkan-air-hujan-Cl8l0T0wbK.jpg

JAKARTA - Pasca Banjir Bandang yang menimpa rumah warga di Nagari Kampung Tarandam, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mengaku kesulitan mendapatkan air bersih. Warga terpaksa memanfaatkan air isi ulang dan air hujan untuk kebutuhan minum dan bersih-bersih.

Sebagaimana diberitakan oleh iNews.id, krisis air bersih pascabanjir bandang ini terjadi di Kampung Tarandam, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Minggu (15/12/2019).

Setelah tiga hari pascabanjir bandang, persediaan air bersih terhambat akibat rusaknya saluran pipa PDAM. Pipa distribusi air tersebut banyak mengalami kerusakan akibat diterjang banjir.

Banjir Bandang Solok

Sumarni merupakan warga setempat yang mengaku kesulitan mendapatkan air bersih pascabanjir bandang menerjang kampung mereka. Dalam hal ini, warga memanfaatkan air hujan untuk bersih-bersih rumah dan lingkungan yang terdapat lumpur akibat banjir bandang yang menerjang.

Pasokan air bersih yang terbatas ditampung bersama oleh warga lainnya dan itu hanya digunakan untuk memasak air dan kebutuhan minum.

"Sejak banjir bandang sampai saat ini, saya belum mandi untuk menghemat stok air bersih. Tampungannya masih ada, namun terbatas," ujar Sumarni.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini