Bobol Data Nasabah via Skimming, WN Turki Diringkus Polisi

Kamis 19 Desember 2019 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 340 2143639 bobol-data-nasabah-via-skimming-wn-turki-diringkus-polisi-0w1LCJ6klb.JPG WN Turki pelaku pembobolan data nasabah lewat skimming diringkus polisi (Foto: iNews.id)

MATARAM - Aparat Polresta Mataram meringkus warga negara asing (WNA) asal Turki yang melakukan pencurian data nasabah atau skimming di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia diciduk saat sedang melancarkan aksinya.

Y (30) tiba di Lombok menggunakan visa kunjungan pada September 2019 silam. Polisi yang sempat mengintai pelaku selama tiga hari, berhasil menangkap basah pelaku saat beraksi di salah satu ATM di Mataram.

"Kami sudah melakukan pengintaian tiga hari. Kebetulan pelaku melakukan aksinya di wilayah selatan di lingkar selatan. Sudah beberapa tempat dilakukan," kata Kasat Reskrim Polresta Mataram, AKP Joko Tamtomo, menukil dari laman iNews.id, Rabu 18 Desember 2019.

Pelaku kata dia, menginap di salah satu hotel di Senggigi, Lombok. Dalam melakukan aksinya, pelaku memasang alat di ATM yang memungkinkan data seperti PIN nasabah bisa terekam. Selanjutnya, pelaku bisa menggunakan data tersebut untuk membobol ATM milik nasabah.

"PIN-nya di-copy, dikloning lah data nasabah," ucap Joko.

Hotel yang dihuni pelaku digeledah polisi untuk mencari bukti-bukti. Sebuah laptop dan telepon selular milik pelaku diamankan sebagai barang bukti.

Polisi masih memeriksa Y terkait jaringannya yang berada di luar negeri. Tersangka dikenakan Pasal 48 UU ITE Nomor 19 tahun 2019 dengan ancaman maksimal sembilan tahun penjara.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini