Nelayan Padang Dikagetkan Fenomena Air Laut Berwarna Hijau

Selasa 24 Desember 2019 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 24 340 2145452 nelayan-padang-dikagetkan-fenomena-air-laut-berwarna-hijau-laKPTuKrUe.JPG Fenomena air laut berwarna kehijauan di Padang, Sumatera Barat (Foto: iNews.id/Budi Sunandar)

PADANG – Warga Kota Padang, Sumatera Barat dikejutkan dengan fenomena air laut yang mendadak berubah warna menjadi hijau pekat pada Senin 23 Desember 2019. Masyarakat lokal menduga perubahan warna air laut itu imbas perubahan iklim dan pencemaran limbah industri.

Peristiwa yang disebut dengan blooming alga ini membuat ratusan nelayan yang berada di kawasan Bungus dan Gaung, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang mengeluh karena tidak mendapat hasil tangkapan ikan.

Nelayan Bungkus, Rusli mengaku tidak tahu penyebab berubahnya warna air laut dari biasanya biru muda menjadi hijau tua dan berlumut.

“Kami juga kaget tiba-tiba air laut berubah jadi hijau pekat begini. Sebelumnya biru muda. Ini sudah semingguan lah kayak gini,” katanya, melansir dari iNews.id

Dia mengatakan, akibat fenomena itu membuat ratusan nelayan di sepanjang pantai mengeluh karena sepinya tangkapan ikan hingga 80 persen. Sebab, ikan-ikan yang biasanya berada di sekitar perairan tersebut berpindah ke perairan lain.

Sementara itu, pengamat lingkungan Universitas Negeri Padang, Endang Dewata mengatakan, peristiwa menghijaunya sejumlah perairan di Kota Padang disebabkan dampak blooming alga atau ledakan populasi plankton yang diduga karena limbah industri.

“Limbah itu memacu tumbuh kembangnya alga di perairan ditambah dengan suhu dan cuaca yang mendukung,” ujar Endang.

Menurut Endang, alga atau ganggang hijau ini bisa membahayakan bagi kelangsungan habitat ikan di laut karena bisa mencemari oksigen di dalam air dan mengeluarkan toksin atau racun yang membahayakan bagi kelangsungan hidup ikan di laut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini