nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puting Beliung Terjang Boyolali, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon

Kamis 26 Desember 2019 11:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 26 512 2146140 puting-beliung-terjang-boyolali-rumah-warga-rusak-tertimpa-pohon-aHmgU8czMy.JPG Terjangan angin puting beliung rusak bangunan rumah warga Boyolali, Jawa Tengah (Foto: iNews.id/Tata Rahmanta)

BOYOLALI – Angin puting beliung menerjang wilayah Boyolali, Jawa tengah pada Rabu 25 Desember 2019 sore. Imbasnya, sebanyak dua pohon tumbang dan menimpa dua rumah di kawasan Siswodipuran.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat langsung terjun ke lokasi untuk menyingkirkan pohon. Proses penyingkiran pohon berlangsung lama karena ukuran pohon jenis sengon yang besar.

Pemilik rumah menjelaskan bahwa kejadian berawal dari hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut. Saat itu hujan disertai angin kencang dan saksi melihat ada awan yang berputar.

“Waktu hujan deras ada angin kencang berputar, lalu tiba-tiba akar pohon terangkat menimpa rumah saya,” kata pemilik rumah, Triayanto, menukil dari iNews.id, Kamis (26/12/2019).

Akibat peristiwa ini, rumah warga mengalami kerusakan di bagian atap. Pemilik rumah pun mengungsi sementara ke rumah kerabat. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Ya, saat itu di rumah semua. Setelah itu anak-anak langsung saya bawa ke rumah neneknya. Kami mau memperbaiki rumah dulu, bersih-bersih, kalau sudah baru anak-anak saya bawa kembali,” tuturnya.

Petugas BPBD Boyolali mengevakuasi pohon tumbang dengan memotongnya menjadi bagian kecil menggunakan gergaji mesin. Kejadian itu juga menyebabkan listrik di lokasi tersebut padam selama beberapa saat. BPBD Boyolali masih terus melakukan pendataan di seluruh wilayah untuk memetakan lokasi yang mengalami kerusakan akibat puting beliung.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini