Warga Bandung Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin, Catat Waktunya

Kamis 26 Desember 2019 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 525 2146095 warga-bandung-bisa-saksikan-gerhana-matahari-cincin-catat-waktunya-D0pdyFptUv.jpg Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Foto: Forbes)

BANDUNG – Fenomena gerhana matahari cincin akan berlangsung hari ini, Kamis (26/12/2019). Kejadian langka ini ternyata bisa juga disaksikan warga Bandung, Jawa Barat. Adapun waktunya pada pukul 10.46 sampai 14.24 WIB.

Tim Observatorium Bosscha di Kota Bandung sudah menyiapkan tempat bagi masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena langka gerhana matahari cincin.

Baca juga: Gerhana Matahari, Kemenag Imbau Umat Islam Dirikan Salat Kusuf 

Alat-alat juga sudah disediakan untuk warga yang ingin melihat gerhana matahari sabit atau hanya 70 persen tertutup bulan itu.

"Kami sudah menyiapkan tempatnya," kata peneliti dari Observatorium Bosscha, Agus Triono Purijatmiko, di Bandung, Rabu 25 Desember 2019, mengutip dari iNews.id.

Baca juga: Pulau Miangas dan Marore Dapat Melihat Fase Gerhana Matahari Cincin 

Ada sembilan teropong serta 100 filter mata yang disediakan untuk masyarakat. Publik pun diimbau tidak melihat fenomena gerhana matahari cincin ini secara langsung.

"Alat-alat sudah kami siapkan," kata Agus.

Sebelumnya, peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Rhorom Priyatikanto meningatkan masyarakat tidak melihat gerhana matahari dengan mata telanjang. Cahayanya dapat merusak mata dan menyebabkan kebutaan.

"Meskipun matahari tertutup bulan, saat itu cahayanya masih menyilaukan. Yang paling aman menggunakan kacamata matahari atau filter matahari. Tidak disarankan dilihat dengan mata telanjang," ujar Rhorom ketika dikonfirmasi, Selasa 24 Desember 2019.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Bakal Terlihat di 7 Provinsi, Berikut Daftarnya 

Selain memakai kacamata dengan filter matahari, melihat gerhana matahari juga bisa menggunakan kamera lubang jarum, teropong atau teleskop, serta kamera DSLR dengan filter khusus matahari.

Ia mengatakan, gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Hal ini membuat piringan bulan terlihat lebih kecil daripada matahari sehingga tidak sepenuhnya menutupi piringan matahari.

Baca juga: Tata Cara Salat Gerhana Matahari 

Dia menuturkan, di Indonesia, fenomena gerhana matahari cincin bisa diamati di Padang Sidempuan, Sibolga, Siak, Duri, Pulang Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, Pulau Rangsang, Batam, Tanjung Pinang, Singkawang, Makulit, Tanjung Selor, dan Berau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini