nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Bandang, 3 Rumah Hanyut dan Jembatan Putus di Labuhanbatu Sumut

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 29 Desember 2019 11:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 29 608 2147100 banjir-bandang-3-rumah-hanyut-dan-jembatan-putus-di-labuhanbatu-sumut-5IyCxmtmkb.jpg Banjir bandang di Labuhanbatu Sumatera Utara menyebabkan jembatan penghubung terputus (Foto: BNPB)

JAKARTA - Banjir bandang menerjang Dusun Siria Ria, Desa Pematang, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kejadian tersebut mengakibatkan tiga rumah hanyut dan jembatan putus.

"Data sementara menyebutlan bahwa 3 rumah hanyut, jembatan penghubung Dusun Padang Nabidang menuju Dusun Siria-ria terputus total, bahkan akses untuk berjalan tidak bisa ditempuh menuju Dusun siria-ria," ujar Agus Wibowo, Kapusdatinkom BNPB melalui keterangan tertulis, Minggu (29/12/2019).

Baca Juga: Satu Jembatan Roboh dan Belasan Rumah Terdampak Banjir Bandang di Bojonegoro

Banjir bandang Foto: BNPB

Laporan yang diterima Agus dari Kepala Pelaksana BPBD Sumut, Riadhil A. Lubis, menyebutkan, hujan dengan intensitas deras menyebabkan meluapnya sungai Lubuk Natiko dan Sungai Siria-Ria. Banjir membawa material kayu dan batu dari arah hulu pada 29 Desember 2019 sekira pukul 01.30 WIB.

"Aliran banjir juga menyebabkan banjir di Kabupaten Labuhanbatu yaitu di Dusun Aek Pala, Desa Janji. Rumah warga sebanyak 11 unit terendam air. BPBD Kabupaten Labuhanbatu sudah turun ke lapangan untuk membantu warga," ujarnya.

Banjir bandang Foto: BNPB

Untuk saat ini, kata Agus, dibutuhkan alat berat membersihkan material batu dan kayu. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan instansi terkait sudah turun ke lapangan untuk melakukan kajian cepat dan pertolongan pertama.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Wasior, Warga Mengungsi ke Kapal

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini