nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rudal Hantam Parade Militer di Yaman, Sedikitnya Tujuh Tewas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 08:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 30 18 2147304 rudal-hantam-parade-militer-di-yaman-sedikitnya-tujuh-tewas-WXHplmD0TI.jpg Foto: Reuters.

DUBAI - Sebuah rudal yang diduga ditembakkan oleh kelompok Houthi menghantam sebuah parade militer di Kota Al-Dhalea, Yaman, menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai korban lainnya. Belum ada pihak yang mengklaim bertanggungjawab, dan media Houthi tidak memberikan komentar mengenai tuduhan serangan tersebut.

Pernyataan dari kelompok separatis selatan yang bersekutu dengan pemerintah Yaman dan pasukan Sabuk Pengaman mengatakan rudal itu menghantam lapangan parade di mana sebuah upacara kelulusan militer untuk pasukan Sabuk Keamanan baru saja selesai digelar.

BACA JUGA: Rudal Houthi Hantam Parade Militer Yaman, Tewaskan Lebih dari 30 Orang

Pasukan Sabuk Keamanan adalah bagian dari front separatis selatan yang berpihak pada pemerintah di Yaman selatan yang mendukung pembentukan negara merdeka. Mereka juga didukung oleh Uni Emirat Arab (UEA) dalam perang melawan kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran.

Berdasarkan keterangan seorang juru bicara lokal yang dilansir Reuters, Senin (30/12/2019) tujuh orang tewas, di antaranya empat orang anak-anak. Sementara itu sedikitnya 25 orang dilaporkan terluka akibat ledakan tersebut.

Yaman telah mengalami hampir lima tahun konflik sejak gerakan Houthi menggulingkan pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi pada akhir 2014. Kudeta itu menarik intervensi militer oleh koalisi yang dipimpin Arab Saudi, salah satunya UEA pada 2015 untuk mengembalikan kekuasaan Hadi. pemerintah yang diakui secara internasional.

Kota Al-Dhalea dikendalikan oleh pasukan separatis selatan. Kota itu terletak di jalan utama selatan ke utara yang menghubungkan pelabuhan selatan Aden - yang dikendalikan oleh pemerintah Hadi - ke Ibu Kota Sanaa yang dikontrol Houthi.

BACA JUGA: Rudal dari Yaman Hantam Bandara Saudi, Lukai 26 Orang

Provinsi Al-Dhalea merupakan garis depan yang diperebutkan oleh kedua belah pihak yang bertikai.

Pada Agustus, Houthi mengklaim bertanggung jawab atas serangan rudal dan pesawat tak berawak terhadap parade di Aden, pusat pemerintahan yang diakui secara internasional, menewaskan sekira 36 orang, termasuk seorang komandan militer Yaman terkemuka.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini