nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harimau yang Memangsa Warga di Sumsel Lebih dari Satu Ekor

Melly Puspita, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 30 610 2147513 harimau-yang-memangsa-warga-di-sumsel-lebih-dari-satu-ekor-UdTcsdUj9X.jpg Ilustrasi harimau. (Foto: WWF)

PALEMBANG - BKSDA Sumatera Selatan mengatakan harimau yang memangsa manusia di Kota Pagaralam, Lahat dan Muara Enim lebih dari satu ekor. Data tersebut diperoleh dari hasil analisa yang dilakukan BKSDA Sumsel dari beberapa kejadian.

"Kami identifikasi itu tidak hanya satu ekor harimau. Dari 7 kejadian yang ada, ada 2 kantong yang berbeda," kata Kepala BKSDA Sumsel, Genman Hasibuan, Senin (30/12/2019).

Hal tersebut lantaran jarak dan rentang waktu antar kabupaten dan kota tempat kejadian memiliki jarak yang cukup jauh.

"Di Pagaralam, berasal dari 2 kantong harimau, di Bukit Dingin itu seluas 63 ribu hektare membentang dari kabupaten Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang," lanjut Genman.

Sedangkan di kantong Jambul Parah seluas 282 ribu hektare membentang dari Lahat, Pagaralam sampai Muaraenim.

"Kedua kantong ini ada beberapa ekor harimau sumatera. Bisa saja untuk Muaraenim dari kantong Jambul tetapi itu masih dalam penelitian kita. Sudah ada 4 kamera trap dan box trap dipasang," kata Genman.

(Foto: WWF)

Hingga saat ini tim gabungan dari BKSDA, TNI, Polri dan perangkat desa memasang perangkap. Namun BKSDA sendiri tidak tahu ke mana arah pergi harimau.

"Tetapi begitu ada laporan kita langsung turun. Ada 14 orang tim kemarin di Muara ada pasang alat dan memantau lokasi," ujarnya.

Teror harimau mulai terjadi sejak November 2019. Pertama kali, kemunculan harimau terdeteksi di objek wisata Gunung Dempo Pagaralam.

5 kejadian antara harimau dan manusia terjadi di Pagaralam. 3 petani tewas dan 2 lainnya selamat. Sedangkan untuk di Kabupaten Lahat, 1 petani tewas akibat serangan harimau dan 1 tewas akibat beruang.

Baru-baru ini, harimau memangsa seorang perempuan yang sedang mandi di Kabupaten Muara Enim. Tak hanya itu, satu orang warga Muara Enim juga dilaporkan hilang semenjak beberapa hari lalu. Diduga pemuda yang hilang tersebut juga menjadi korban harimau sumatera.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini